Comscore Tracker

Menteri Airlangga Klarifikasi Tudingan Esemka Mobil China

Wajar bila industri otomotif gunakan multiplatform

Jakarta, IDN Times - Kehadiran mobil Esemka memantik berbagai tudingan miring. Sejumlah pihak mengatakan mobil Esemka adalah produk China. Hal tersebut dibantah Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Airlangga mengatakan, multiplatform dalam dunia otomotif merupakan hal yang wajar. Dia juga menegaskan, harusnya yang dilihat dari Esemka adalah lokal kontennya, bukan platformnya.

Baca Juga: Resmikan Pabrik di Jateng, Jokowi Optimistis Mobil Esemka Laku Keras

1. Industri otomotif menggunakan multiplatform merupakan hal biasa.

Menteri Airlangga Klarifikasi Tudingan Esemka Mobil ChinaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dijelaskan Airlannga, industri otomotif dengan menggunakan multiplatform merupakan sesuatu yang wajar. Ia memberikan contoh Toyota dan Daihatsu yang sudah multiplatform.

"Kemudian juga Nissan, Mitsubishi, sudah multiplatform, kita bicara di luar negeri SsangYong, Mercedes platformnya satu, di Italia sama Spanyol ada Seat dengan Viat platformnya satu," jelas Airlangga di kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (10/9).

"Jadi dalam industri otomotif multiplatform itu hal yang biasa. Bahkan yang kemarin Vinfast di Vietnam itu platform-nya BMW," lanjut dia.

2. Mobil Esemka memiliki lokal konten

Menteri Airlangga Klarifikasi Tudingan Esemka Mobil ChinaIDN Times/Larasati Rey

Menurut Airlangga, seluruh pihak semestinya melihat mobil Esemka sebagai hasil karya lokal, karena diproduksi di Indonesia. Investornya juga dari Indonesia.

"Itu kan diproduksi di Indonesia, dan kita membicarakan industri. Industri di sini konteksnya merek lokal, investor lokal, untuk menjadi bagian dari 18 industri otomotif yang ada di Indonesia," jelas Ketua Umum Partai Golkar tersebut.

3. Tidak pas menteri naik mobil pick up Esemka

Menteri Airlangga Klarifikasi Tudingan Esemka Mobil ChinaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Di lain sisi, muncul masukan agar pemerintah memggunakan mobil Esemka. Namun, kata Airlangga, hal itu tidak pas. Lantaran saat ini mobil Esemka yang diproduksi hanya jenis pick up.

"Ya kan baru produksi mobil pick up, mobil menteri mobil apa? Pick up? Menterinya pick up semua, barangnya apa?" ujar Airlangga.

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You