Comscore Tracker

Sidang Sengketa Pilpres 2019, KPU Sebut Tak Ada Bukti Kecurangan

KPU membantah seluruh tudingan pihak BPN Prabowo-Sandiaga

Jakarta, IDN Times - Sidang kedua sengketa Pilpres 2019 yang berlangsung di Mahkamah Konstitusi (MK) mengagendakan pembacaan pembelaan dari pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang disebut melakukan kecurangan.

Ketua tim hukum KPU, Ali Nurdin, dalam pemaparannya membantah tudingan BPN Prabowo-Sandiaga yang mengatakan pihak KPU telah melakukan kecurangan Pemilu.

Ali menyampaikan, selama menyelenggarakan pemilu, KPU tidak pernah melakukan kecurangan yang sengaja merugikan kubu Prabowo dan menguntungkan kubu Jokowi.

"Termohon tidak pernah melakukan kecurangan yang merugikan pemohon atau mengutungkan pihak terkait," kata Ali di ruang sidang, Selasa (18/6).

Ia juga melakukan bantahan terkait tudingan masyarakat yang menilai bahwa KPU telah melakukan kecurangan. Selain itu, Ali juga membantah pernyataan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, yang mengatakan telah menang 62 persen di Pilpres 2019.

"Dan membantah tudingan masyarakat KPU curang. Kalau ada bukti pemohon tentu dari awal pemohon akan mengajukan. Fakta ini membantah pernyataan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto, yang memenangkan Pilpres 2019 yang memenangkan 62 persen," papar Ali.

Menurut Ali, pihak BPN Prabowo-Sandi tidak mampu menyajikan bukti-bukti yang kuat atas tudingan bahwa KPU telah melakukan tindakan kecurangan Pemilu yang terstruktur, sistematis, dan masif seperti kecurangan yang terjadi di Kecamatan, Kabupaten/Kota, hingga Provinsi.

Baca Juga: Sidang Sengketa Hasil Pilpres 2019, BPN: Ada Ancaman Terhadap Saksi 

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You