Cerita Menlu Retno Marsudi yang 24 Jam Selalu Memegang Handphone

Bahkan, mandi pun Menlu Retno bawa hp!

Tangerang, IDN Times - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menceritakan pengalamannya yang selalu memegang telepon genggamnya selama 24 jam. Hal itu diceritakan Retno saat menghadiri acara Indonesia Writers Festival 2019 by IDN Times.

Retno bercerita, jika diibaratkan seorang tentara atau polisi, maka dia adalah seorang prajurit yang selalu tidur lengkap beserta seragam, senapan, dan ransel. Retno mengaku harus selalu siap setiap saat karena perbedaan waktu dengan beberapa negara.

"Betul-betul 24 jam dalam kondisi lengkap. Tapi pakai ini (telepon genggam). Jadi aku punya dua HP (handphone) yang itu 24 jam, tapi ini sampai aku mandi pun masuk ke kamar mandi. Sampai aku tidur pun, dia (HP) ada di sebelah kanan tempat tidurku. Jadi itu lengkap. Ada HP, ada note kecil," kata Retno.

Retno menambahkan, ketika ia tidur, bahkan sering mendapatkan panggilan dari luar negeri. Ia pun siap dengan hal itu.

"Anytime karena perbedaan waktu, tiba-tiba bunyi telepon. New York call. Mereka mau masuk ke sidang Dewan Keamanan PBB, ada isu yang pop up, karena sekarang kita kan jadi Dewan Keamanan PBB, jadi dubes harus ngomong ke menterinya, I need your guidance," ujar Retno.


"Ini isunya mesti diputuskan sekarang. Itu harus. Gak mungkin New York hidup pas kita tidur. Sama juga dengan Eropa, masih mending 6 jam. Tapi yang bagian Amerika 12 jam," lanjut dia.

Menurut Retno, dalam keadaan tidur pun dia harus siap tempur, termasuk salah satu tanggung jawabnya sebagai diplomat dan Menteri Luar Negeri. Sehingga, memang harus ia jalani.

"Jadi memang betul-betul tidur dalam kondisi siap tempur terus, dan itu memang menurut saya tanggung jawab yang harus dijalankan," jelasnya.

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2019. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2019 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesia Through Writing ini dilangsungkan pada 6 hingga 7 September 2019 di Universitas Multimedia Nusantara, Serpong, Tangerang.


IWF 2019 sendiri menghadirkan lebih dari 30 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Najwa Shihab, Rosiana Silalahi, Ivan Lanin, Marchella FP, Gina S. Noer, Sheila Timothy, Dewi Lestari, Reza Rahadian, Trinity, Windy Ariestanty, Ayu Utami, Henry Manampiring, Angkie Yudistia dan masih banyak lagi.


Ajang penulisan terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh 5.000-an penggiat dunia literasi dan kreatif. Simak dan ikuti terus perkembangan IWF 2019 di situs kami, IDN Times

Baca Juga: Menlu Retno: Diplomat, Depan Senyum Belakang Berantem Setengah Mati

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya