Comscore Tracker

Ingin Bepergian Naik Pesawat di Tengah Pandemik Corona? Ini Syaratnya

Aturan berlaku untuk penerbangan domestik dan luar negeri

Jakarta, IDN Times - Peraturan penerbangan dalam maupun luar negeri selama situasi pandemik virus corona atau COVID-19, dibeberkan Ketua Gugus Tugas penanganan COVID-19, Doni Monardo.

Doni menerangkan, bagi warga yang ingin melakukan penerbangan harus memberikan hasil tes kesehatan bebas virus corona. Bagi calon penumpang penerbangan dalam negeri bisa menggunakan PCR test atau Rapid test, sementara penerbangan luar negeri harus menggunakan PCR test.

1. Penumpang pesawat untuk penerbangan domestik bisa gunakan PCR test atau rapid test

Ingin Bepergian Naik Pesawat di Tengah Pandemik Corona? Ini SyaratnyaBadan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB

Doni menuturkan, untuk penerbangan dalam negeri, calon penumpang bisa menggunakan hasil PCR test atau rapid test. Hal itu sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang, yang diubah menjadi SE Nomor 6 Tahun 2020.

"Ini sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Nomor 4, dan diperbaiki menjadi Nomor 6 diperpanjangannya," kata Doni dalam keterangan persnya usai rapat terbatas, Kamis (4/6).

Baca Juga: 150 Pilot Garuda Indonesia Di-PHK, Begini Penjelasan Kementerian BUMN

2. Penumpang untuk penerbangan luar negeri harus menggunakan hasil PCR test

Ingin Bepergian Naik Pesawat di Tengah Pandemik Corona? Ini SyaratnyaKepala BNPB, Doni Monardo (Dok. BNPB)

Khusus penerbangan luar negeri, ujar Doni, calon penumpang wajib menggunakan PCR Test. Hal itu mengacu pada Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01/MENKES/313/2020 Tentang Protokol Kesehatan Penanganan Kepulangan WNI dan Kedatangan WNA Dari Luar Negeri di Pintu Masuk Negara dan di Wilayah Pada Situasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Termasuk juga saran dari Ibu Menteri Luar Negeri kepada Bapak Presiden, semua yang tiba dari luar negeri baik yang sifatnya mandiri maupun yang merupakan kelompok PMI itu wajib menggunakan metode PCR test," jelasnya.

3. Pemerintah akan menyiapkan hotel bagi penumpang melakukan perjalanan mandiri dari luar negeri

Ingin Bepergian Naik Pesawat di Tengah Pandemik Corona? Ini SyaratnyaKepala BNPB Doni Monardo (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Doni mengatakan bagi mereka yang melakukan perjalanan mandiri dari luar negeri akan disiapkan hotel di beberapa tempat. Dia menambahkan, para karyawan hotel juga telah dilatih oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Dimana, tenaga atau karyawan hotel telah mendapat pelatihan dari tim Kementerian Kesehatan dibantu unsur TNI dan Polri di bidang kesehatan. Sehingga diharapkan kenyamanan bagi mereka yang telah tiba di Tanah Air bisa terjamin," tuturnya.

Baca Juga: Bandara Palu Kembali Dibuka Besok, Penerbangan Mulai 3 Juni 2020

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya