Calon Penumpang Penerbangan Luar Negeri Wajib Tes PCR, Kalau Domestik?

Ingin bepergian ke luar kota dan mancanegara? Cek aturannya

Jakarta, IDN Times - Ketua Gugus Tugas penanganan COVID-19, Doni Monardo, menjelaskan peraturan terkait penerbangan dalam maupun luar negeri di tengah pandemik virus corona atau COVID-19.

Doni menerangkan, bagi warga yang ingin melakukan penerbangan harus memberikan hasil tes kesehatan bebas virus corona. Bagi calon penumpang penerbangan dalam negeri bisa menggunakan PCR test dan Rapid test, sementara penerbangan luar negeri harus menggunakan PCR test.

1. Penerbangan domestik bisa gunakan PCR test dan rapid test

Calon Penumpang Penerbangan Luar Negeri Wajib Tes PCR, Kalau Domestik?Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB

Doni menuturkan, untuk penerbangan dalam negeri, calon penumpang bisa menggunakan hasil PCR test atau rapid test. Hal itu sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang, yang diubah menjadi SE Nomor 6 Tahun 2020.

"Ini sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Nomor 4, dan diperbaiki menjadi Nomor 6 diperpanjangannya," kata Doni dalam keterangan persnya usai rapat terbatas, Kamis (4/6).

Baca Juga: Garuda Indonesia PHK 150 Pilot, Begini Respons Kementerian BUMN

2. Penerbangan luar negeri harus menggunakan hasil PCR test

Calon Penumpang Penerbangan Luar Negeri Wajib Tes PCR, Kalau Domestik?Kepala BNPB, Doni Monardo (Dok. BNPB)

Khusus penerbangan luar negeri, ujar Doni, calon penumpang wajib menggunakan PCR Test. Hal itu mengacu pada Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01/MENKES/313/2020 Tentang Protokol Kesehatan Penanganan Kepulangan WNI dan Kedatangan WNA Dari Luar Negeri di Pintu Masuk Negara dan di Wilayah Pada Situasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Termasuk juga saran dari Ibu Menteri Luar Negeri kepada Bapak Presiden, semua yang tiba dari luar negeri baik yang sifatnya mandiri maupun yang merupakan kelompok PMI itu wajib menggunakan metode PCR test," jelasnya.

3. Bagi yang melakukan perjalanan mandiri dari luar negeri akan disiapkan hotel

Calon Penumpang Penerbangan Luar Negeri Wajib Tes PCR, Kalau Domestik?Kepala BNPB Doni Monardo (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Doni mengatakan bagi mereka yang melakukan perjalanan mandiri dari luar negeri akan disiapkan hotel di beberapa tempat. Dia menambahkan, para karyawan hotel juga telah dilatih oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Dimana, tenaga atau karyawan hotel telah mendapat pelatihan dari tim Kementerian Kesehatan dibantu unsur TNI dan Polri di bidang kesehatan. Sehingga diharapkan kenyamanan bagi mereka yang telah tiba di Tanah Air bisa terjamin," tuturnya.

Baca Juga: Ini Pedoman Operasional Bandara Angkasa Pura II saat New Normal

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya