Comscore Tracker

[BREAKING] Ini Alasan Jokowi Pilih Hanif Dhakiri Jadi Plt Menpora

Hari-hari Hanif dipastikan makin sibuk

Bogor, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memutuskan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri mengisi pos Pelaksana Tugas (Plt) menteri yang ditinggal Imam Nahrawi di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Dengan begitu, Menteri Hanif dipastikan makin sibuk karena rangkap jabatan.

Salah satu alasan Jokowi memilih Hanif, ungkap Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, sebab ia berasal dari satu partai yang sama dengan Imam Nahrawi, yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Iya, salah satunya itu (karena Hanif berasal dari PKB)," ujar Pratikno di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (20/19).

Selain itu, pertimbangan lainnya lantaran beberapa menteri lainnya sudah ada yang akan dilantik pada Oktober mendatang sebagai anggota parlemen. Sehingga, Hanif lah yang dipilih untuk menggantikan posisi Imam.

"Ada beberapa pertimbangan, karena ada beberapa menteri dilantik anggota DPR pada 1 Oktober," jelasnya.

Imam mundur dari posisinya lantaran ditetapkan sebagai tersangka penerima suap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dalam kasus tersebut, Imam diduga menerima suap dengan total mencapai Rp26,5 miliar karena telah mengucurkan dana hibah bagi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). 

Selain Imam, komisi antirasuah menetapkan lima tersangka lainnya yakni asisten pribadi Menpora, Miftahul Ulum, Sekretaris Jenderal KONI Ending Fuad Hamidy, Bendahara Umum KONI Johnny E Awuy, dua staf Kemenpora Adhi Purnomo dan Eko Triyanto, dan Mantan Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Mulyana.

Baca Juga: [BREAKING] Pengganti Imam Nahrawi Bakal Diumumkan Jokowi Hari Ini

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You