Bima Arya: Wartawan Sekarang Lebih Enak Dibandingkan Zaman Dulu

Menurut Bim, WhatsApp memudahkan wartawan sampai ke narsu

Tangerang, IDN Times - Wali Kota Bogor, Bima Arya, sempat memberi opini terkait profesi wartawan saat menjadi pembicara di acara Indonesia Writers Festival 2019 by IDN Times. Menurut Bima, jurnalis saat ini kerjanya lebih enak dibandingkan zaman dulu.

"Wartawan sekarang lebih enak dari dulu. Dulu kalau mau interview kan harus telepon bikin janji. Sekarang bisa lewat WhatsApp," kata Bima.

Kemudian, ia menyampaikan bahwa terkadang wartawan yang mengirimkan pesan singkat kepadanya dan belum sempat dibalas, para wartawan itu akan ngambek kepadanya. Lalu, Bima pun bertanya kepada News Director of Kompas TV, Rosiana Silalahi, apakah hal itu akan mengurangi integritas seorang jurnalis.

Rosi pun menjawab bahwa narasumber memiliki hak untuk komplain atau menegur jurnalis tersebut. Karena prinsipnya, lanjut dia, jurnalis harus menghormati narasumber.

"Kalau seperti itu, Anda punya hak komplain. Jadi wartawan harus menghormati narsum," kata Rosi.

Usai Rosi menjawab, lalu Bima pun celetuk tentang angle berita yang akan keluar bila ia tidak membalas pesan singkat dari para jurnalis. Sontak seisi ruangan langsung tertawa mendengar jawabannya.

"Judulnya 'Bima Arya Bungkam'. Iya bungkam, kan belum dibaca pesannya," ucap Bima sambil membuat semuanya tertawa.


IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2019. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2019 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesia Through Writing ini dilangsungkan pada 6 hingga 7 September 2019 di Universitas Multimedia Nusantara, Serpong, Tangerang.


IWF 2019 sendiri menghadirkan lebih dari 30 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Najwa Shihab, Rosiana Silalahi, Ivan Lanin, Marchella FP, Gina S. Noer, Sheila Timothy, Dewi Lestari, Reza Rahadian, Trinity, Windy Ariestanty, Ayu Utami, Henry Manampiring, Angkie Yudistia dan masih banyak lagi.


Ajang penulisan terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh 5.000-an penggiat dunia literasi dan kreatif. Simak dan ikuti terus perkembangan IWF 2019 di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Bima Arya: Ibu Ani yang Pertama Mendukung Saya Jadi Wali Kota Bogor

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya