Gaya Berkebaya Srikandi Kabinet Jokowi Saat HUT RI, Bikin Pangling!

Menteri Siti Nurbaya ikut berkebaya lho!

Jakarta, IDN Times - Sejak tahun 2017 lalu, Presiden Joko "Jokowi" Widodo membuat tradisi baru di Istana Negara pada perayaan kemerdekaan Indonesia. Semua tamu dan peserta upacara diwajibkan untuk mengenakan pakaian daerah. Tujuannya, sebagai pengingat bahwa Indonesia memiliki beragam kebudayaan, termasuk pakaian adatnya. 

Maka, tak heran pada 17 Agustus setiap tahunnya, Istana Negara seolah tengah menyelenggarakan fashion show budaya Indonesia. Salah satu yang biasanya menjadi sorotan yakni pakaian adat yang dikenakan oleh para Menteri Jokowi di Kabinet Indonesia Kerja. 

Kali ini yang terlihat tak biasa adalah Menteri perempuan. Mereka kompak mengenakan kebaya dan sanggul. Termasuk, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya Bakar. 

Dalam sebuah foto yang diunggah oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Siti terlihat anggun dalam balutan kebaya berwarna biru dan dipadu dengan kain batik berwarna cokelat. Siti berfoto didampingi empat Srikandi lainnya yakni Susi Pudjiastuti, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Padahal, biasanya Siti memilih tampil dengan gaya yang maskulin. Ia memilih mengenakan jas dan celana ketika beraktivitas sehari-hari di kantor. 

Apabila Sri Mulyani kompak mengenakan kebaya berwarna merah bersama Nila, maka Susi dan Retno tampil dalam balutan kebaya brokat. Retno memilih kebaya brokat berwarna putih dipadu tas tangan dan selendang berwarna merah. Untuk bagian bawah, Retno memilih kain batik berwarna cokelat. 

Sedangkan, Susi mengenakan kebaya brokat berwarna hijau dan selendang merah. Untuk bagian bawah, ia mengenakan kain yang ujungnya terdapat brokat dengan warna hijau. Penampilan Susi makin beda karena dipadu dengan kacamata hitam. Sementara, empat menteri perempuan lain mengenakan kacamata yang digunakan untuk membantu penglihatan mereka.

Gimana guys, menurut kalian Srikandi di kabinet Jokowi? Mana yang gayanya jadi favorit kalian? 

Baca Juga: Pakai Blazer dan Celana Hitam, Susi: Siapa Bilang Tak Cantik?

Topik:

Berita Terkini Lainnya