Comscore Tracker

Pangling Banget, Kala Menteri Perempuan RI Kompak Berkebaya

Menteri Susi tampil lebih cetar dengan kacamata hitamnya

Jakarta, IDN Times - Setiap tanggal 17 Agustus, sejak 2017 lalu, Istana Negara seolah jadi catwalk untuk fashion show budaya Indonesia. Salah satu yang biasanya menjadi sorotan yakni pakaian adat yang dikenakan oleh para menteri di Kabinet Indonesia Kerja. 

Ya, sejak tiga tahun lalu, Presiden Joko "Jokowi" Widodo memulai tradisi mengenakan baju adat saat perayaan kemerdekaan Indonesia. Semua tamu dan peserta upacara diwajibkan untuk mengenakan pakaian daerah. Tujuannya, sebagai pengingat bahwa Indonesia memiliki beragam kebudayaan, termasuk pakaian adatnya. 

Nah, para menteri perempuan di Kabinet Indonesia Kerja pun kompak mengenakan kebaya dan sanggul. Termasuk, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya Bakar yang biasanya tampil kasual dan maskulin. Biasanya,dia memilih mengenakan jas dan celana ketika beraktivitas sehari-hari di kantor. 

Dalam sebuah foto yang diunggah oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Siti terlihat anggun dalam balutan kebaya berwarna biru dan dipadu dengan kain batik berwarna cokelat. Siti berfoto didampingi empat Srikandi lainnya, yakni Susi Pudjiastuti, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Apabila Sri Mulyani kompak mengenakan kebaya berwarna merah bersama Nila, maka Susi dan Retno tampil dalam balutan kebaya brokat. Retno memilih kebaya brokat berwarna putih dipadu tas tangan dan selendang berwarna merah. Untuk bagian bawah, Retno memilih kain batik berwarna cokelat. 

Sedangkan, Susi mengenakan kebaya brokat berwarna hijau dan selendang merah. Untuk bagian bawah, ia mengenakan kain yang ujungnya terdapat brokat dengan warna hijau. Penampilan Susi makin kece dengan kacamata hitam. Sementara, empat menteri perempuan lain mengenakan kacamata yang digunakan untuk membantu penglihatan mereka.

Siapa yang menjadi favorit kamu? 

Baca Juga: Tampil Beda dengan Setelan Jas Hitam, Menteri Susi Kece Banget

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You