Ayah Lutfi Hakim Anggota Laskar FPI Ungkap Ada Luka Tembak Jarak Dekat

Ayah Lutfi sebut anaknya tak pernah bawa senjata

Jakarta, IDN Times - Keluarga anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) yang tewas dalam penembakan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek hadir di rapat dengar pendapat umum (RDPU) yang digelar oleh Komisi III DPR RI. Dalam RDPU tersebut, para keluarga menjabarkan luka dari masing-masing korban kepada anggota dewan.

Ayah Lutfi Hakim, Daynuri, menuturkan saat dia memandikan anaknya itu dia melihat luka tembakan dan luka bekas siksaan. Dia memaparkan luka siksa itu terdapat di punggung putranya, bengkak dan memar biru di bagian pipi, serta tangannya yang terkelupas. Dia juga menyebut kemaluan putranya seperti bekas diinjak.

"Tembakannya dari jarak dekat di sini (menunjuk dada kiri) nembus ke belakang semua. Kulitnya yang di belakang sama sini (dada kiri) terkelupas," jelas Daynuri di hadapan anggota dewan.

1. Daynuri terakhir berkomunikasi dengan Lutfi pada Minggu siang

Ayah Lutfi Hakim Anggota Laskar FPI Ungkap Ada Luka Tembak Jarak DekatKomisi III DPR RI RDPU bersama keluarga korban Tol Cikampek (Youtube.com/DPR RI)

Daynuri mengatakan dia bertemu dengan putranya terakhir kali pada Kamis sore. Ia mengaku putranya berpamitan kepadanya untuk mengawal pemimpin FPI Rizieq Shihab.

"Anak saya mau berangkat pamit kamis sore, 'Bi minta ridhonya mau mengawasi habib'," cerita Daynuri seperti yang disiarkan langsung di channel YouTube DPR RI, Kamis (10/12/2020).

Dia sempat berkomunikasi dengan anaknya itu pada Minggu siang sekitar pukul 14.00. Ia menambahkan, anaknya saat itu terlihat sehat. "Hari Senin kira-kira jam 3 sore ada kabar dari tetangga ke rumah bahwa di berita media sosial maupun televisi, anak saya termasuk yang diculik," ujar Daynuri.

Baca Juga: Kondisi 6 Jenazah Laskar FPI Dinilai Janggal, Ini Kata Polisi

2. Daynuri sebut anaknya tidak pernah membawa senjata

Ayah Lutfi Hakim Anggota Laskar FPI Ungkap Ada Luka Tembak Jarak DekatAmbulans yang membawa jenazah Laskar FPI di RS Polri pada Selasa (8/12/2020) (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Membantah keterangan polisi sebelumnya, Daynuri menegaskan putranya itu tidak pernah membawa senjata. "Anak saya juga gak pernah bawa senjata apa pun, pisau aja gak pernah apalagi pistol," ucapnya.

3. Polri masih melakukan penyidikan pada kasus bentrokan antara laskar FPI dan polisi

Ayah Lutfi Hakim Anggota Laskar FPI Ungkap Ada Luka Tembak Jarak DekatKapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran (kanan) bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman (tengah) dan Karopaminal Divpropam Polri Brigjen Pol Hendra Kurniawan menunjukkan barang bukti terkait penyerangan polisi di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (7/12/2020) (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Di lokasi berbeda, Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan kasus bentrokan antara anggota laskar Front Pembela Islam (FPI) dengan polisi di Tol Cikampek, Karawang, Jawa Barat, pada Senin, 7 Desember 2020, masih dalam proses penyidikan.

Argo menanggapi pernyataan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat FPI Ahmad Shabri Lubis, yang sebelumnya menyebut ada luka tembak yang mengarah ke jantung enam anggota laskar FPI yang tewas.

"Penyidikan masih dalam proses, nantinya akan disampaikan dengan bukti pendukungnya dan bagaimana kronologinya," kata Argo saat dikonfirmasi awak media, Kamis (10/12/2020).

Argo mengatakan, penyidikan kasus ini juga melalui asesmen atau penilaian oleh tim pengawas internal Polri.

Dikonfirmasi terpisah, Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian mengatakan, saksi-saksi terkait kasus bentrokan ini bakal diperiksa. Namun, ia enggan menyebutkan lebih detail siapa saja yang menjadi saksi.

"Hari ini pemeriksaan saksi-saksi di sejumlah lokasi. Semua pihak yang menyaksikan dan bisa memberikan keterangan, kita periksa," ucap dia.

Baca Juga: Keluarga Korban Laskar FPI: Ada Tiga Luka Tembak di Dada Khadavi

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya