Comscore Tracker

Langkah Cepat Menlu Retno Cegah Isu Papua Jadi Sorotan Internasional

Dia segera berkomunikasi dengan semua dubes

Tangerang, IDN Times - Kerusuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat beberapa waktu lalu, memberi pengalaman tersendiri bagi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Langkah cepat dilakukan Retno guna mengantisipasi kekeliruan persepsi negara-negara lain terhadap pemerintah Indonesia.

"Kemarin, kita juga mengadakan video conference dengan semua dubes dan bicara mengenai isu Papua satu per satu," kata Retno di acara Indonesia Writers Festival 2019 by IDN Times, Sabtu (7/9).

Retno berharap agar Indonesia tidak mengalami perpecahan, sebab menurutnya masih terlampau banyak hal yang bisa dilakukan untuk membangun Bumi Cendrawasih.

"Kita harus betul-betul sebagai bangsa bersatu dalam memagari Negara Kesatuan RI. Negara kita itu harus kita bentengi. Banyak yang hal yang bisa kita diperbaiki di Papua," jelas Retno.

Menurut Retno, isu Papua bisa saja menjadi sorotan forum internasional jika pihak pemerintah tidak segera melakukan langkah antisipatif. Apalagi, mengingat teknologi yang berkembang pesat saat ini, memungkinkan isu itu menyebar dengan cepat.

"Kita akan anticipated bahwa isu Papua akan pop up. I need your guidance. Jadi kalau kayak pasukan, begitu kita brief 'oke kamu sekarang maju tempur', tempur," ucap dia.

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2019. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2019 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesia Through Writing ini dilangsungkan pada 6 hingga 7 September 2019 di Universitas Multimedia Nusantara, Serpong, Tangerang.

IWF 2019 sendiri menghadirkan lebih dari 30 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Najwa Shihab, Rosiana Silalahi, Ivan Lanin, Marchella FP, Gina S. Noer, Sheila Timothy, Dewi Lestari, Reza Rahadian, Trinity, Windy Ariestanty, Ayu Utami, Henry Manampiring, Angkie Yudistia dan masih banyak lagi.

Ajang penulisan terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh 5.000-an penggiat dunia literasi dan kreatif. Simak dan ikuti terus perkembangan IWF 2019 di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Menlu Retno Ungkap Isi Obrolan WhatsApp Grup Menteri Jokowi

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya