Comscore Tracker

Joko Widodo Jadi Nama Jalan di Abu Dhabi, Apa Alasannya?

Nama Jokowi diabadikan di salah satu pusat ibu kota UEA

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mencatatkan sejarah baru, tepat pada satu tahun periode kedua pemerintahannya. Dia diabadikan sebagai nama sebuah jalan di Abu Dhabi, ibu kota Uni Emirat Arab (UEA).

Penampakan jalan bernama Jokowi itu ditunjukkan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Uni Emirat Arab melalui akun resminya di Twitter, @kbriabudhabi, Selasa (20/10/2020).

Baca Juga: Setahun Jokowi-Ma'ruf: 18 Lembaga Dibubarkan, 29 Ribu Eselon Dipangkas

1. Diharapkan mempererat hubungan Indonesia dan UEA

Joko Widodo Jadi Nama Jalan di Abu Dhabi, Apa Alasannya?Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi (Tangkapan layar Twitter @kbriabudhabi)

Jalan President Joko Widodo diresmikan oleh Chairman Abu Dhabi Executive Office, Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Senin 19 Oktober 2020. Peresmian nama jalan itu disebut wujud kedekatan hubungan bilateral Indonesia dan UEA, yang dianggap punya arti khusus bagi masyarakat kedua negara.

“Semoga penamaan jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi semakin memperkokoh dan meningkatkan secara positif hubungan bilateral RI–UEA yang semakin erat belakangan ini," ujar Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Arab, Husin Bagis dikutip dari laman Kementerian Luar Negeri, Selasa (20/10/2020).

2. Nama Jokowi dibadikan di salah satu ruas jalan utama di ibu kota UEA

Joko Widodo Jadi Nama Jalan di Abu Dhabi, Apa Alasannya?Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi (Tangkapan layar Twitter @kbriabudhabi)

Jalan Presiden Joko Widodo terletak di salah satu ruas jalan utama Abu Dhabi. Jalan itu membelah ADNEC (Abu Dhabi National Exhibition Center) dengan Embassy Area, kawasan yang ditempati sejumlah Kantor Perwakilan Diplomatik. Jalan ini sebelumnya bernama Al Ma'arid Street, yang dalam Bahasa Indonesia berarti pameran.

Pemerintah Abu Dhabi sejak tahun 2013 telah melakukan perubahan nama sejumlah jalan-jalan utama di kota itu dengan nama-nama pemimpin besar di Abu Dhabi dan tokoh-tokoh lain. Pengabadian nama mereka sebagai bentuk penghormatan, mengenang visi, kepemimpinan dan kontribusi mereka pada dunia.

3. Penamaan Jalan Presiden Joko Widodo Inisiatif Uni Emirat Arab

Joko Widodo Jadi Nama Jalan di Abu Dhabi, Apa Alasannya?Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi (Tangkapan layar Twitter @kbriabudhabi)

Husin Bagis, mengatakan penamaan jalan Presiden Joko Widodo merupakan inisiatif dari pemerintah UEA. Hal itu, menurutnya, menandakan kedekatan hubungan kedua negara di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi dan Putera Mahkota Mohammed bin Zayed Al-Nahyan.

Kedekatan itu juga sempat disinggung Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan. Dia pernah mengatakan saking dekatnya, Jokowi dan Putra Mahkota UEA sering berkontak melalui telepon. 

"Jadi, Putera Mahkota ingin menunjukkan bahwa hubungan kedua negara ini sangat dekat lah. Inisiatif penamaan itu datang dari mereka. Saya sempat dihubungi oleh pihak pemerintah UEA," ungkap Dubes Husin ketika dihubungi oleh IDN Times pada Selasa pagi.

Baca Juga: Setahun Jokowi-Ma'ruf, Ini 5 Momen Unik saat Pelantikan

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya