Comscore Tracker

Belum Terdaftar di DPT? Jangan Panik dan Ikuti Cara-cara Ini

Kamu hanya perlu membawa dokumen-dokumen ini

Jakarta, IDN Times - Pemilu 2019 tinggal beberapa hari saja. Kamu yang memiliki  hak pilih, apakah sudah memastikan namamu ada di daftar pemilih tetap (DPT)?

Jika tidak ada, tidak perlu panik! Kamu masih bisa menggunakan hak pilihmu kok. 

Sebagai informasi, jumlah Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan 3 (DPTHP3) yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Senin malam (8/4) adalah192.866.254 pemilih. Jumlah itu terdiri dari 190.779.969 pemilih di dalam negeri dan 2.086.285 pemilih di luar negeri. 

Kembali ke masalah hak pilih, begini caranya kamu tetap bisa mencoblos, meski namamu tidak terdaftar di DPT.

Baca Juga: Pemilih, Nih 13 Informasi yang Wajib Kamu Tahu soal Pemilu 2019

1. Kamu tinggal membawa e-KTP ke TPS

Belum Terdaftar di DPT? Jangan Panik dan Ikuti Cara-cara IniIlustrasi e-KTP. (IDN Times/Aan Pranata)

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengungkapkan, bila nomor KTP belum terdaftar dalam DPT, masyarakat tetap dapat memilih dengan membawa KTP elektronik (e-KTP) mereka.

"Bila belum terdaftar dalam DPT, maka yang bersangkutan tetap dapat memilih dengan membawa KTP elektronik, pukul 12.00 WIB sampai 13.00 WIB," ungkap Tjahjo dalam keterangan tertulis, beberapa waktu lalu.

2. Selain e-KTP, kamu juga bisa memakai suket KTP loh

Belum Terdaftar di DPT? Jangan Panik dan Ikuti Cara-cara IniIDN Times/Humas Pemkab Kutim

Bagi kamu yang belum memiliki e-KTP,  tenang saja. Kamu tetap masih bisa memilih kok.

Yang perlu kamu lakukan adalah meminta surat keterangan (suket) KTP yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Nageri. Suket ini menerangkan bahwa seseorang sudah direkam secara elektronik.

Seseorang dibolehkan memilih hanya dengan suket ini sudah berlandasan hukum setelah Mahkamah Konstitusi (MK) membuat keputusan terkait hal itu.

“MK memutuskan boleh dengan suket sepanjang suket yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), yang menunjukkan seseorang sudah direkam secara elektronik namun ketunggalan datanya terjamin,” kata Ketua KPU Arief Budiman usai mengikuti sidang putusan perkara pengujian Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, di Gedung MK, Jakarta, Kamis (28/3) siang, seperti dikutip dari setkab.go.id.

3. MK sahkan suket KTP dan memperpanjang masa penghitungan suara

Belum Terdaftar di DPT? Jangan Panik dan Ikuti Cara-cara IniAntara Foto/Fanny Octavianus

Dalam sidangnya, MK mengesahkan surat keterangan (suket) KTP menjadi syarat mencoblos pada Pemilu 2019, dan memperpanjang masa penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sebenarnya, lanjut Arief, KPU dalam peraturannya telah mengakomodasi penggunaan suket. Karena itu, putusan MK dinilai telah menegaskan aturan KPU.

4. Putusan MK produk hukum yang langsung berlaku saat diputuskan

Belum Terdaftar di DPT? Jangan Panik dan Ikuti Cara-cara IniANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Dalam sidang tersebut, MK juga memutuskan penghitungan suara pemilu di TPS dapat diperpanjang 12 jam setelah hari pencoblosan berakhir.

Selain itu, MK juga memperpanjang batas waktu bagi pemilih yang hendak pindah TPS, dari sebelumnya 30 hari sebelum pencoblosan menjadi H-7 sebelum pencoblosan.

Ketua KPU Arief Budiman menilai, dengan putusan MK itu, kini penghitungan suara di TPS sudah tidak ada lagi masalah.

Arief menegaskan, putusan MK itu merupakan produk hukum yang langsung berlaku ketika diputuskan.

So, silakan kamu bawa dokumen-dokumen di atas jika memang namamu tidak terdaftar di DPT. Ingat, pilihanmu sangat penting bagi masa depan Indonesia. Jangan sampai golput!

Baca Juga: Pemilu 24 Hari Lagi, Ini Cara Cek Nama Sudah Masuk DPT KPU atau Belum 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You