Pendaratan Perdana di Manado, Jeju Air Bawa 169 Penumpang

Penerbangan perdana adalah charter flight

Manado, IDN Times - Jeju Air mendarat perdana di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara, pada Jumat (19/5/2023) sekitar pukul 00.10 Wita. Pesawat Boeing 737 800 Next Generation dengan nomor penerbangan 7C2771 ini membawa sekitar 169 penumpang.

General Manager Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi, Minggus ET Gandeguai, mengatakan bahwa penerbangan tersebut adalah charter flight. “Jadi, tanggal 21 hari ini dia ferry flight ke sini, bawa penumpang balik ke Incheon lagi,” jelas Minggus, Minggu (21/5/2023).

Minggus mengatakan bahwa pengunjung yang datang adalah wisatawan di bawah naungan berbagai jenis agen travel dan perseorangan.

1. Berharap bisa menjadi regular flight

Pendaratan Perdana di Manado, Jeju Air Bawa 169 PenumpangJeju Air di Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, Jumat (19/5/2023) dini hari. IDNTimes/Dok. AP I Bandara Sam Ratulangi

Meski masih bersifat charter flight, Minggus melihat penerbangan Jeju Air ke Sulut merupakan hal yang positif. Dengan jumlah penumpang yang cukup banyak, penerbangan tersebut bisa menjadi tes pasar khususnya di bidang pariwisata.

“Harapan kami ini bisa menjadi test market bagi objek wisata atau wisatawan yang ada di Sulut, sehingga bisa menjadi regular flight,” ucap Minggus.

Minggus mengatakan pihaknya siap dengan kapasitas terminal 6 juta penumpang, operasional selama 24 jam, dan memiliki 22 parking stand.

2. Pemprov Sulut perkenalkan wisata bawah laut kepada turis dari Korsel

Pendaratan Perdana di Manado, Jeju Air Bawa 169 PenumpangPemandangan bawah laut di Taman Nasional Bunaken (indonesia.travel)

Kepala Dinas Pariwisata Sulut, Henry Kaitjily, membenarkan kedatangan turis Korsel tersebut. Ia mengatakan bahwa para turis dibawa oleh agen travel.

“Kebanyakan penyuka wisata laut seperti diving,” ucap Henry.

Beberapa lokasi yang dikunjungi adalah Pulau Bunaken dan  Pulau Siladen di Kota Manado.

3. Jeju Air perluas konektivitas di Asia Pasifik

Pendaratan Perdana di Manado, Jeju Air Bawa 169 PenumpangJeju Air di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara, Jumat (19/5/2023). IDNTimes/Dok. AP I Bandara Sam Ratulangi

Sebelumnya, Jeju Air telah mengumumkan akan membuka penerbangan internasional ke Manado. Pembukaan rute tersebut menindaklanjuti penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Angkasa Pura Airports dengan Jeju Air tentang Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Pembukaan Rute Penerbangan Strategis.

Selain Manado, penerbangan pulang-pergi tersebut juga dimulai di Batam pada hari Jumat. Dengan dibukanya rute tersebut, Jeju Air akan memperluas konektivitas internasional dari Manado.

“Terlebih khusus di Asia Pasifik,” ucap Minggus.

Baca Juga: Buka Rute ke Manado, Jeju Air Siap Perkenalkan Wisata Andalan Sulut

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya