Buktikan Masih Hidup, Kim Jong-Un Kirim Pesan dari Resor Mewah

Kim sempat dirumorkan meninggal dunia usai operasi jantung

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Korea Selatan menyerukan kepada dunia internasional agar berhati-hati mencerna informasi mengenai kondisi kesehatan pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-Un. Stasiun berita Al Jazeera, Senin (27/4), mengutip pernyataan pejabat Korsel bahwa tidak ada pergerakan apapun di wilayah perbatasan Korut usai ramai berhembus rumor Kim meninggal dunia. 

Menteri Unifikasi Korea, Kim Yeon-Chul usai melakukan pertemuan tertutup mengatakan Pemerintah Korsel memiliki kemampuan dan yakin dengan data yang mereka miliki bahwa tidak ada hal luar biasa yang terjadi di Korut. Rumor mengenai Kim menghembuskan nafas terakhir bermula usai ia terlihat absen dalam acara ulang tahun kakeknya, Kim Il-Sung pada (15/4) lalu. Sejak saat itu, Kim tak lagi terlihat di ruang publik. 

Media Korsel pada pekan lalu kemudian melaporkan pemimpin berusia 36 tahun itu bisa saja baru menjalani operasi jantung. Ada pula kemungkinan yang lain yaitu ia sengaja mengisolasi diri agar tidak terpapar virus corona. 

"Posisi pemerintah kami jelas. Kim Jong-Un masih hidup dan dalam kondisi sehat. Dia tengah beristirahat di area resort Wonsan sejak (13/4) lalu. Tidak ada pergerakan mencurigakan sejauh ini," ungkap penasihat Presiden Korsel, Moon Chung-In. 

Lalu, apa bukti bahwa ia masih hidup?

1. Kim Jong-Un disebut mengirimkan pesan tertulis bagi pekerja area resort Wonsan

Buktikan Masih Hidup, Kim Jong-Un Kirim Pesan dari Resor Mewahsetkab.go.id

Di saat Kim dirumorkan secara luas meninggal dunia, tetapi media milik Pemerintah Korut, The Rodong Sinmun pada hari ini menyebut Kim sengaja menulis surat yang ditujukan kepada para pekerja di area resort Wonsan. 

"Pemimpin tertinggi Kim Jong-Un sudah mengirimkan surat berisi apresiasinya kepada para pekerja yang rela mendedikasikan dirinya untuk membangun area turis Wonsan-Kalma," demikian yang ditulis oleh media itu.  

Baca Juga: Calon Pemimpin Korut, 10 Potret Kim Yo-Jong Adik Bungsu Kim Jong-un

2. Kereta yang ditumpangi Kim Jong-Un berada di area resort Wonsan

Buktikan Masih Hidup, Kim Jong-Un Kirim Pesan dari Resor MewahANTARA FOTO/REUTERS/Danish Siddiqui/File Photo

Salah satu informasi terbaru yang ditulis oleh berbagai media yakni di dekat area Wonsan terlihat ada rangkaian kereta yang biasanya digunakan Kim. Informasi itu berhasil diketahui dari pantauan satelit. Data tersebut kemudian diunggah ke situs mengenai Korut yang didukung oleh AS bernama 38 North

Kendati begitu, situs tersebut ragu Kim berada di Wonsan. Sebab, keberadaan kereta yang ditumpangi Kim tidak bisa dijadikan bukti kuat bahwa ia benar-benar tinggal sementara waktu. 

"Kehadiran kereta tidak membuktikan di mana keberadaan Kim Jong-Un atau mengindikasikan mengenai kondisi kesehatannya. Tetapi, laporan itu berhasil menunjukkan bahwa malam terakhir Kim di berada area para orang kaya," demikian tulis 38 North. 

Spekulasi yang menyebut Kim sudah terpapar COVID-19 sempat ditulis oleh beberapa media internasional. Tetapi, spekulasi lain menyebut seorang sumber anonim di Tiongkok mengatakan kepada media Korsel, JoongAng Ilbo  bahwa Kim Jong-Un sengaja mengisolasi diri di Wonsan agar tidak terpapar virus corona. Padahal, selama ini Korut selalu mengklaim negaranya terbebas dari virus mematikan itu. 

Namun, tak ada satu pun pihak yang dapat dikonfirmasi mengenai keberadaan Kim di area resort Wonsan. Selama ini proses untuk mengonfirmasi rumor di negara yang tertutup itu sulit dilakukan. 

3. Rumor Kim Jong-Un dalam kondisi sakit diperkuat adanya tim medis yang dikirim dari Tiongkok

Buktikan Masih Hidup, Kim Jong-Un Kirim Pesan dari Resor MewahANTARA FOTO/KCNA via REUTERS

Spekulasi bahwa kondisi kesehatan Kim Jong-Un memburuk diperkuat dengan informasi yang diperoleh kantor berita Reuters pada akhir pekan lalu. Mereka mengutip pernyataan tiga orang yang familiar dengan situasi Kim. Ketiganya kompak menyebut sekutu terdekat mereka, Tiongkok telah, mengirimkan sebuah tim ke Korut, termasuk ahli medis.

Sikap pemerintahan Korut yang tetap diam dengan kondisi kesehatan Kim bahkan sempat membuat khawatir Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Namun, pada (23/4) lalu, Trump tak terlalu menganggap serius laporan tersebut. Bahkan, sumber intelijen AS sendiri yang percaya Kim dalam kondisi kritis, dianggapnya tak akurat. 

"Saya pikir laporan itu tidak benar," tutur Trump seperti dikutip stasiun berita Al Jazeera.  

Baca Juga: Digosipkan Meninggal Dunia, Bagaimana Kabar Kim Jong-un Sebenarnya?

Topik:

Berita Terkini Lainnya