Curhatan Putri Tanjung: Sempat Baper karena Dikaitkan dengan Ayahnya

"Dari awal gue usaha tanpa dikasih modal dari bapak"

Jakarta, IDN Times - Nama Putri Tanjung semakin dikenal oleh publik usai diumumkan sebagai satu dari tujuh staf khusus millennial Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Kamis (21/11) kemarin. Ketika namanya muncul, sebagian dari masyarakat langsung mengaitkan pemilihannya dengan sosok ayah putri yang tak lain adalah konglomerat Chairul Tanjung. 

Chairul diketahui bukan saja memiliki pusat perbelanjaan, hiburan dan perbankan. Namun, ia juga merupakan mogul media di bawah naungan grup Trans Media. 

Perempuan yang kini berusia 23 tahun itu sudah lama menyadari apapun yang ia lakukan maka kerap akan dibayangi oleh nama besar sang ayah. Bahkan, ketika ia mendirikan perusahaan event organizer yang diberi nama "Creativepreneur", publik langsung menilai itu usaha yang sepenuhnya dibiayai oleh Chairul. 

Padahal, menurut Putri, perusahaan itu ia rintis sejak ia masih berusia 17 tahun tanpa sedikitpun kucuran modal dari sang ayah. Hal itu ia ungkapkan secara lugas ketika hadir di acara podcast bersama Deddy Corbuzier. 

Video yang tayang di YouTube pada (8/10) lalu semakin banyak ditonton usai Putri diumumkan sebagai salah satu stafsus Jokowi. 

"Padahal, gue mendapatkan ini tidak gampang. Semua butuh proses yang sangat luar biasa. Padahal, dari awal bokap gue itu gak ikut kasih modal," ujar Putri di tayangan podcast itu. 

Namun, bantahan yang disampaikan Putri bolak-balik di hadapan publik itu tak mempan. Pencapaiannya kini masih kerap dikaitkan dengan sosok Chairul. Maka, tak heran di usia 17 tahun, ia sempat merasa baper dan sakit hati. 

Lalu, apa yang Putri lakukan untuk bangkit dan membuktikan kesuksesannya kini sama sekali tanpa campur tangan ayahnya? Bagaimana pula strategi yang diterapkan Putri ketika acara musik yang pernah digelar di area Senayan dan telah menghabiskan biaya mencapai miliaran rupiah justru ujung-ujungnya malah rugi?

1. Sejak awal merintis usaha, Putri mengaku sama sekali tidak diberikan modal oleh Chairul Tanjung

Curhatan Putri Tanjung: Sempat Baper karena Dikaitkan dengan Ayahnyainstagram

Kisah awal mula usahanya dirintis selalu disampaikan oleh Putri yakni ketika ada ia hendak membuat acara ulang tahun seorang teman. Modal pertama untuk membuat pesta itu diperoleh dari ibu temannya tersebut dan pada akhirnya acara itu sukses digelar. 

"Dari sana, gue akhirnya membuat perusahaan yang gue beri nama Creativepreneur," ujar Putri. 

Sejak awal ia menyampaikan niat untuk membuat perusahaan sendiri, Chairul diklaim Putri tak memberinya suntikan modal. Bahkan, mogul yang mengawali pendidikannya di bidang kedokteran gigi itu, dari awal juga melarang perusahaan miliknya dijadikan klien bagi perusahaan Putri. 

"Bokap gue dari awal udah ngomong (gak akan kasih modal). Orang aja yang gak tahu bahwa perjalanan yang gue alami ini bahwa gue bisa bikin acara dan bisnis gue sekarang expand ke advertising agency. Orang kan banyak yang gak tahu, jadi kadang gue suka ngerasa sakit hati kenapa ya orang berpikir gue tuh mendapatkan ini gampang-gampang aja," tutur Putri curhat ke Deddy. 

Melirik ke situs resminya Creativepreneur didirikan pada 2013 lalu dan kini sudah menyelenggarakan beragam acara di beberapa kota di Indonesia. 

Baca Juga: Jadi Staf Khusus Presiden, 10 Potret Romantis Putri Tanjung dan Pacar

2. Putri Tanjung sempat menyelenggarakan acara festival musik di Senayan yang rugi besar dan ayahnya tak mau ikut membantu

Curhatan Putri Tanjung: Sempat Baper karena Dikaitkan dengan Ayahnyainstagram

Kendati menjadi putri konglomerat, namun Putri pernah gagal ketika menggelar acara. Ia merasa gagal karena acara festival musik bertajuk "Creativepreneur Berjuang" yang digelar pada 2014 lalu itu justru rugi miliaran rupiah. 

"Jadi, di 2014, gue bikin festival musik. Jadi, creativepreneur yang biasanya bikin talkshow mengenai entrepreneurship tiba-tiba bikin festival musik. Itu when I was 18 (years). Waktu itu pas usia 18 tahun, gue merasa acara yang gue buat selama ini entrepreneurship gak seheboh itu ya," kata Putri bercerita awal mula ia banting setir untuk menyelenggarakan festival musik. 

Ternyata banting setir dan menyelenggarakan festival musik adalah keputusan Putri yang keliru. Sejak awal ia merasa sudah tidak mampu untuk menyelenggarakan acara itu dan sekedar mengikuti trend. 

"Gue akui waktu itu gue gak capable tapi harus memimpin sebuah tim yang terdiri dari 50 orang," ujarnya. 

Lalu, apa yang Putri lakukan untuk melunasi utang dan menutupi kerugian itu? Ia terpaksa harus menelan harga diri dan mengetuk pintu kamar ayahnya untuk meminjam dana. 

"Pak, boleh gak pinjam uang dulu? I promise akan dibayar setelah uang dari sponsor turun. Dan ayah nolak dengan bilang; 'gak cari sendiri,'" kata Putri menirukan kalimat ayahnya lima tahun lalu. 

Usai ditolak oleh ayahnya sendiri, Putri kembali ke kamar dan menangis. Akhirnya, ia bangkit dan memutar otak untuk melunasi utang dari kerugian acara tersebut. Akhirnya setiap acara yang dikerjakan oleh Creativepreneur, keuntungannya selalu disisihkan untuk bisa membayar utang tersebut. 

3. Putri Tanjung percaya semua orang bisa sukses asal berusaha

Curhatan Putri Tanjung: Sempat Baper karena Dikaitkan dengan AyahnyaInstagram.com/putri_tanjung

Hal lain yang membuat Putri gemas yakni karena publik mengira sejak lahir ia sudah hidup nyaman dan menikmati fasilitas mewah. Ia memang tak membantah itu, namun bukan berarti hal tersebut diperoleh dengan mudah. 

Ia diceritakan oleh Chairul ketika sang ayah masih muda dulu, keluarganya hidup dalam kondisi yang miskin. 

"Bokap gue bahkan cerita, dia gak punya kamar mandi dan harus bekerja keras untuk menguliahkan diri sendiri dan adik-adiknya," tutur Putri. 

Namun, kini, sang ayah sudah menjelma menjadi pengusaha yang sukses sehingga Putri tak perlu lagi merasakan penderitaan serupa yang dialami oleh Chairul. Dalam benak Putri semua orang adalah penentu dari arah jalannya sendiri dan bisa sukses. 

"Karena bokap gue aja bisa. Kalau kini, gue dalam posisi bokap, gue gak tahu deh mau ngapain," katanya lagi. 

4. Putri Tanjung menilai semua orang punya resep sukses masing-masing dan belum tentu strategi itu cocok di orang lain

Curhatan Putri Tanjung: Sempat Baper karena Dikaitkan dengan AyahnyaInstagram/@putri_tanjung

Berbicara kesuksesan, Putri menilai setiap orang punya formulanya masing-masing. Ia mengaku pernah mencoba menerapkan rahasia sukses yang dilakukan oleh Chairul, ternyata hal itu tidak berhasil ketika ia merintis Creativepreneur. 

"Jadi, setiap orang sudah punya racikannya masing-masing. Contoh nyatanya, ini gue mencoba menjiplak rahasia bokap gue untuk sukses dan gak bisa," kata Putri. 

Lulusan Academy of Art University di San Francisco itu kemudian berbagi tipsnya kepada publik apabila ingin sukses. Pertama, harus memiliki mind set untuk bisa sukses dan jangan minder karena khawatir gagal. 

"Jangan belum-belum kemudian sudah bilang; 'gue gak bisa sukses, karena gak punya modal.' Kalau di awal aja udah bilang enggak-enggak, gimana loe mau melangkah," ungkapnya memberi tips. 

Tips kedua, harus bersedia kerja keras dan mau susah. Bagi Putri merintis sebuah usaha bukan hal yang instan. Itu semua membutuhkan proses yang panjang. 

"Karena loe pasti akan mengalami kegagalan, ada di titik jenuh dan ada di titik ditolak banyak orang. Tapi, loe cuma tetap perlu melangkah aja," katanya. 

Baca Juga: Beban Berat Anak Konglomerat, Putri Tanjung Unjuk Gigi di Usia 15 

Topik:

Berita Terkini Lainnya