Comscore Tracker

[BREAKING] Akhirnya, Iran Akui Tembak Jatuh Pesawat Ukraina

Tembakan "Gak sengaja" itu menewaskan 176 orang

Jakarta, IDN Times - Iran akhirnya mengakui mereka "tidak sengaja" menembak jatuh pesawat Ukraina. Informasi itu disampaikan pada Sabtu pagi (11/1) di stasiun televisi milik pemerintah. 

Dikutip dari laman, The Guardian edisi hari ini, pemerintah Iran menyalahkan oknum di militernya yang keliru ketika melepaskan rudal yang seharusnya ditujukan ke pangkalan militer Irak pada (8/1) lalu.

Iran berjanji akan memproses secara hukum, pihak-pihak yang dinilai bertanggung jawab dalam insiden mengerikan itu. Tak hanya itu, pemerintah Iran kemudian meminta maaf kepada keluarga korban dan termasuk warga asing yang menjadi penumpang di pesawat Boeing itu. 

Sementara dikutip dari laman Strait Times, pemerintah Iran mengungkap bahwa militernya memang sedang siaga di level tertinggi setelah ketegangan negaranya dengan Amerika Serikat. 

"Dalam kondisi seperti itu, karena human error dan tanpa niat sengaja, pesawat itu tertembak," demikian pernyataan yang dibacakan.

Selain meminta maaf, pemerintah Iran juga berjanji akan meningkat sistem persenjataan dan militernya agar insiden serupa tidak terjadi lagi. 

Sebanyak 60 orang dari 176 penumpang itu berasal dari Kanada. Mereka menumpang pesawat Boeing itu dengan tujuan Tehran menuju ke Ukraina. 

Selama beberapa hari ke belakang, Iran sempat membantah telah menembak jatuh pesawat tersebut.

Ikuti terus perkembangan pemberitaan mengenai pengakuan Iran yang telah menembak jatuh pesawat sipil Ukraina hanya di IDN Times ya. 

 

Baca Juga: Iran Bantah Pesawat Ukraina Tertembak Rudal Salah Sasaran

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya