Pelantikan Virtual, Anggota PPS Tana Toraja Cari Sinyal di Kaki Bukit

Koneksi internet di daerah itu belum memadai

Makassar, IDN Times - Cara berbeda dilakukan jajaran Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, saat melantik anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Jika biasanya pelantikan digelar di dalam ruangan, kali ini anggota PPS Tana Toraja dilantik secara virtual. Pelantikan tiga anggota PPS dilakukan di kaki bukit kawasan Lembang Salu, Kecamatan Saluputti, Tana Toraja.

"Jadi pelantikan itu dilaksanakan dalam bentuk virtual, bisa juga tatap muka langsung, bisa juga langsung saja," kata Ketua Ketua KPU Tana Toraja Rizal Randa kepada sejumlah jurnalis saat dikonfirmasi, Senin (15/6).

1. Tiga anggota PPS Tana Toraja dilantik berseragam formal dan duduk di tepian jalan di kaki bukit

Pelantikan Virtual, Anggota PPS Tana Toraja Cari Sinyal di Kaki BukitPelantikan anggota PPS di Tana Toraja, Sulsel. IDN Times/KPUD Tana Toraja

Laiknya pelantikan pada umumnya, tiga anggota PPS yang dilantik mengenakan pakaian formal. Ketiganya menggunakan baju kemeja batik, duduk di tepi jalan tepat di kaki bukit daerah setempat dikawal anggota PPK yang bertugas.

Bermodalkan satu unit telepon genggam yang disimpan di atas batang pohon, ketiganya mengikuti proses pelantikan dengan khidmat. Rizal mengungkapkan, pelantikan virtual dilakukan untuk mengefektifkan jarak tempuh ke lokasi pelantikan umum.

Ditambah akses internet yang belum begitu memadai di lokasi asal ketiganya. Untuk itu ketiganya mencari tempat cukup tinggi agar bisa menjangkau jaringan internet. "Kami mengambil dua opsi, melakukan pelantikan PPS melalui virtual mengunakan jaringan internet, dan tatap muka tidak ada jaringan internet," jelas Rizal. 

2. 19 kecamatan di Tana Toraja serentak menggelar pelantikan PPS hari ini

Pelantikan Virtual, Anggota PPS Tana Toraja Cari Sinyal di Kaki BukitPelantikan PPS di Kecamatan Panakkukang, Makassar, Senin (15/6). KPU Makassar

Rizal mengatakan, hari ini ada 19 kecamatan di Tana Toraja yang menggelar pelantikan untuk anggota PPS. Tiga kecamatan di antaranya, menggelar pelantikan dengan metode virtual. Langkah ini, kata Rizal, dilakukan atas pertimbangan tim Gugus Tugas COVID-19.

Salah satunya, larangan untuk berkumpul lebih dari 5 orang dalam sebuah kegiatan. "Begini, dari instruksi Satgas COVID-19, ternyata kalau kita lantik langsung tatap muka, maksimal dalam ruangan 20 orang. Mau tidak mau ada dilantik secara virtual saja," ujar Rizal.

Baca Juga: Wabup Toraja, Kepala Daerah Pertama di Sulsel Umumkan Positif Corona

3. 3 kecamatan di Tana Toraja gelar pelantikan langsung karena terbatasnya akses internet

Pelantikan Virtual, Anggota PPS Tana Toraja Cari Sinyal di Kaki BukitPelantikan PPS di Makassar, Senin (15/6). KPU Makassar

Informasi yang disampaikan Rizal, di Tana Toraja terdapat tiga kecamatan yang melaksanakan pelantikan anggota PPS secara virtual. Masing-masing, Kecamatan Mappang, Ranong dan  Simbuang. Ketiganya merupakan kecamatan yang letaknya cukup jauh dari pusat kota Kabupaten Tana Toraja.

"PPK ambil alih langsung pelantikan di tiga kecamatan terjauh ini. (PPS) Kecamatan dilantik langsung karena tidak ada internet," ungkap Rizal.

Untuk diketahui, tahapan pilkada serentak yang sempat tertunda karena pandemik COVID-19 akhirnya dilanjutkan kembali. Selain Tana Toraja, Kota Makassar hari ini juga kembali melanjutkan proses pelaksanaan melalui pelantikan anggota PPS.

Komisioner KPU Makassar Endang Sari mengatakan, tahapan pilkada serentak dilanjutkan berdasarkan surat edaran dari KPU RI. "Semalam sudah keluar surat KPT KPU Nomor 258 tahun 2020 yang berisi penetapan tahapan pelaksanaan PIlkada 2020," kata Komisioner KPU Kota Makassar Endang Sari kepada IDN Times, Senin.

Dengan begitu berarti surat KPT KPU Nomor 179 pada Maret lalu soal penundaan empat tahapan pilkada resmi dicabut. Yaitu penundaan pelantikan PPS, perekrutan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP), verifikasi calon perseorangan, dan pemutakhiran data pemilih.

Baca Juga: 3 Perawat di Toraja Utara Diusir dari Kosan, Begini Klarifikasi PPNI

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya