Jadi Contoh, Lansia 104 Tahun Vaksinasi COVID-19 di Bogor

Sang kakek  antusias dan bersemangat jalani vaksinasi

Bogor, IDN Times - Program vaksinasi bagi lansia di Kota Bogor, Jawa Barat masih berjalan. Dari sekian banyak lansia yang menjalani vaksinasi, satu di antaranya ternyata sudah berusia 104 tahun.

Lansia tersebut merupakan seorang kakek yang mendapat giliran vaksinasi COVID-19 di Rumah Sakit Vania Kota Bogor.

1. Sudah mendaftar pada Senin 22 Maret 2021

Jadi Contoh, Lansia 104 Tahun Vaksinasi COVID-19 di BogorDok RS Vania

Lansia berusia 104 tahun tersebut bernama Wirjawan Hardjamulia. Kepala Humas dan Marketing RS Vania Kota Bogor Dede Nurhasan mengatakan, sang kakek sudah mendaftar pada Senin 22 Maret 2021.

"Kalau daftar kemarin, dapat informasi mendapat jadwal vaksin di RS Vania. Kita memfasilitasi karena usianya tua, jadi kita minta identitasnya lebih dulu agar tidak antre," kata Dede, Selasa (23/3/2021).

Wirjawan datang ke RS Vania Selasa pagi diantar anaknya, dr. Indri, berusia 73 tahun. Setelah itu, sang kakek menuju meja 2 untuk screening dengan dr. Renol, dan lolos ke meja 3 untuk suntik vaksin COVID-19 oleh dr. Joshua Patrick SpPD.

"Proses screening sehat semua, setelah lolos disuntik. Segala macam yang sesuai dengan yang disarankan pemerintah, sesuai daftar," jelas Dede.

2. Antusias dan semangat jalani vaksinasi

Jadi Contoh, Lansia 104 Tahun Vaksinasi COVID-19 di BogorDok RS Vania

Saat penyuntikan, Wirjawan sangat antusias dan bersemangat bahkan canda tawa menyertai proses tersebut. Selesai vaksin, sang kakek menunggu 30 menit untuk observasi dan pulang ke rumah.

"Yang jadi sorotan adalah beliau semasa muda sampai sekarang selalu menyatakan positif terhadap orang lain dan senang membantu sesama, serta olahraga dan istirahat yang teratur," ungkap Dede.

3. Diharapkan bisa menjadi contoh bagi masyarakat, terutama lansia agar tidak takut divaksin

Jadi Contoh, Lansia 104 Tahun Vaksinasi COVID-19 di BogorDok RS Vania

Diharapkan, pria kelahiran Tangerang 10 Desember 1916 ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat, terutama lansia agar tidak takut divaksin. Karena, program ini untuk mendukung pemerintah menghadapi COVID-19.

Dede mengatakan, pihaknya mengundang dan meminta masyarakat umum yang berusia 60 tahun ke atas tidak khawatir untuk vaksinasi COVID-19. 

"Beliau masih dalam kondisi sehat meski usia seabad lebih, hal itu juga menjadi inspirasi bagi kaum muda untuk tetap menjaga kesehatan, karena usia panjang dengan kesehatan adalah karunia terbesar dari Tuhan YME," pungkas Dede.

Baca Juga: Kemenkes Buka Vaksinasi bagi Semua Lansia di Jakarta, Daftar Disini

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya