[BREAKING] BMKG: Gempa Bumi 5,0 SR di Jateng Tidak Berpotensi Tsunami

Getaran gempa terasa hingga Kota Yogyakarta

Jakarta, IDN Times - Gempa bumi berkekuatan 5,0 Skala Richter (SR) yang mengguncang wilayah Jawa Tengah pada Senin (14/10) pukul 18.33 WIB, terasa di beberapa daerah.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa bumi kali ini tidak berpotensi terjadinya tsunami. Kendati, lindu terasa hingga lima wilayah kabupaten, antara lain Bantul, Kulonprogo, Kota Yogyakarta, Purworejo, Kebumen, dan Purbalingga.

"Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG dalam laman bmkg.go.id.

BMKG menjelaskan pusat gempa ini berada di kedalaman laut 10 km, dengan titik koordinat 8.45 Lintang Selatan dan 109.28 Bujur Timur atau berjarak 85 km dari tenggara Cilacap.

Selain lima wilayah tersebut, gempa juga terasa hingga Kabupaten Purbalingga. Bahkan, warga sangat merasakan getaran gempa hingga benda-benda di rumah bergetar.

"Tadi gempa abis magrib, lemari pada bunyi," ujar Lutfi, warga Desa Tunjungmuli, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga kepada IDN Times.

Sementara, BMKG menyebutkan Skala Modified Mercalli Intensity (MMI) di lima wilayah terdampak gempa kategori II atau getaran dirasakan warga, dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa 5,0 SR Guncang Jateng, Warga Panik Keluar Rumah

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya