Arab Saudi Larang Masuk Warga Asing dari 20 Negara, Indonesia Termasuk

Aturan juga berlaku untuk diplomat

Jakarta, IDN Times – Arab Saudi telah menangguhkan sementara masuknya warga asing dari 20 negara ke negeri tersebut dengan alasan untuk menekan penyebaran COVID-19. Indonesia termasuk.

Kabar tersebut dilaporkan Kantor Pers Saudi, mengutip sumber resmi di Kementerian Dalam Negeri, pada hari Selasa (2/2/2021). Berikut 20 negara yang dilarang masuk Arab Saudi:

Baca Juga: Dibantu Israel, Palestina Suntikkan 2 Ribu Vaksin COVID-19 ke Nakes

1. Berlaku juga untuk diplomat

Arab Saudi Larang Masuk Warga Asing dari 20 Negara, Indonesia TermasukANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Menurut laporan, larangan tersebut bukan hanya berlaku untuk warga biasa tapi juga termasuk diplomat, praktisi kesehatan, dan keluarga mereka.

Langkah tersebut akan mulai berlaku pada Rabu (3/2/2021) pukul 21.00 waktu setempat atau pukul 01:00 WIB, Kamis (4/2/2021).

“Keputusan itu akan mencakup para pelancong yang datang dari negara lain jika mereka melewati salah satu dari 20 negara yang dilarang 14 hari sebelum permintaan untuk memasuki Kerajaan,” kata sumber tersebut.

“Warga negara Saudi, diplomat, praktisi kesehatan dan keluarganya yang berasal dari negara-negara yang disebutkan atau mereka yang transit salah satu negara tersebut selama 14 hari sebelum mereka kembali ke Kerajaan akan memasuki Kerajaan sesuai dengan tindakan pencegahan yang diberlakukan oleh Kementerian Kesehatan,” tambah sumber itu.

2. Ada 20 negara yang terdampak

Arab Saudi Larang Masuk Warga Asing dari 20 Negara, Indonesia TermasukIlustrasi Suasana Pandemik COVID-19 di Brazil, Amerika (ANTARA FOTO/REUTERS/Adriano Machado)

Dalam laporan disebutkan ada 20 negara yang terdampak aturan tersebut, yaitu termasuk Argentina, Uni Emirat Arab, Jerman, Amerika Serikat, dan Indonesia.

Selain itu, ada juga Irlandia, Italia, Pakistan, Brasil, Portugal, Inggris Raya, Turki, Afrika Selatan, Swedia, Swiss, Prancis, Lebanon, Mesir, India, dan Jepang.

Baca Juga: 5 Perbedaan Antara Uni Emirat Arab dan Arab Saudi, Bisa Membedakannya?

3. Pencegahan penyebaran COVID-19

Arab Saudi Larang Masuk Warga Asing dari 20 Negara, Indonesia TermasukPeziarah mengunjungi bukit Jabal Rahmah di kawasan Padang Arafah, Makkah Al Mukarramah, Arab Saudi, Sabtu (4/5/2019). ANTARA FOTO/Aji Styawan

Langkah yang diterapkan dengan alasan sebagai bagian dari tindakan pencegahan Kerajaan untuk mencegah penyebaran virus corona itu dilakukan di saat penyebaran wabah asal Wuhan, Tiongkok itu terus berlanjut di berbagai penjuru dunia, termasuk Arab Saudi.

Menurut Worldometers, Arab Saudi memiliki 368.639 kasus COVID-19, dengan 6.383 kematian dan 360.110 orang yang berhasil sembuh.

Topik:

  • Umi Kalsum
  • Anata Siregar
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya