Comscore Tracker

Polisi Ringkus Tersangka Pembunuhan Gadis Baduy di Buay Pemaca   

Buay Pemaca kerap jadi tujuan pelarian pelaku kejahatan

Muaradua, IDN Times - Kepolisian Polres OKU Selatan bersama tim Polres Lebak Banten, meringkus satu orang tersangka kasus perkosaan dan pembunuhan SW (13), gadis Baduy yang ditemukan tewas beberapa waktu lalu di Desa Cisimeut Raya, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak.

"Benar kemarin, Rabu (4/9), kami berhasil menangkap seorang tersangka pelaku pemerkosaan dan pembunuhan di Lebak, Banten. Kita juga berkoordinasi dengan Polres di sana. Karena kita kenal wilayah, dan hasil lidik, tersangka berhasil diambil," ungkap Kasat Reskrim OKUS AKP Kurniawi, kepada IDN Times, Kamis (5/9).

1. Apung ditangkap di rumah teman bapaknya

Polisi Ringkus Tersangka Pembunuhan Gadis Baduy di Buay Pemaca   (Penangkapan terduga pelaku) Dok. Resmob Polda Banten

Kurniawi menjelaskan, Apung ditangkap di rumah salah satu kerabatnya bernama Abong di Kecamatan Buay Pemaca, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatra Selatan. Pemilik rumah, jelas Kurniawi, tidak menaruh curiga kepada tersangka yang meminta tinggal di rumahnya.

"Saat kita lakukan penangkapan, Abong ini tidak tahu duduk perkaranya. Sempat kita interogasi, si Abong mengatakan tidak curiga karena sudah kenal dekat dengan tersangka. Kalau dari keterangan Abong dia datang-datang saja," tutur dia.

2. OKU Selatan merupakan tempat tersangka pernah sekolah

Polisi Ringkus Tersangka Pembunuhan Gadis Baduy di Buay Pemaca   IDN Times/M.Iqbal

Usai melakukan pembunuhan dan dugaan pemerkosaan terhadap korban, Apung kemudian melarikan diri ke Sumatera Selatan, tepatnya di wilayah Kecamatan Buay Pemaca.

Menurut Kurniawi, tersangka memilih lokasi pelarian tersebut lantaran pernah menempuh pendidikan sekolah dasar di Buay Pemaca.

"Tersangka pernah bersekolah di sana. Jadi kemungkinan setelah melakukan pembunuhan, dia lari ke sana. Keluarga Abong tidak menaruh curiga sama sekali," jelas dia.

3. Apung langsung dibawa ke Banten

Polisi Ringkus Tersangka Pembunuhan Gadis Baduy di Buay Pemaca   IDN Times/M.Iqbal

Kurniawi mengungkapkan, ketika petugas mendatangi rumah Abong, tersangka Apung tengah tertidur pulas. Karena itu tidak ada perlawanan dari tersangka saat digelandang Polisi.

"Tersangka AMS usai membunuh langsung melarikan diri ke OKU Selatan. Usai tertangkap, tersangka langsung dibawa ke Polda Banten, bersama tim dari Polres. Karena begitu dapat, magrib mereka pamit menggunakan jalur darat langsung ke Banten," ungkap dia.

Baca Juga: Kasus Pembunuhan dan Pemerkosaan Gadis Baduy, Polisi Periksa 8 Saksi

4. Kecamatan Buay Pemaca sering menjadi tempat pelarian pelaku kriminal dari Pulau Jawa

Polisi Ringkus Tersangka Pembunuhan Gadis Baduy di Buay Pemaca   IDN Times/ M.Iqbal

Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Buay Pemaca Iptu Ernofit mengatakan, bahwa memang selama ini pihaknya kerap membantu Kepolisian dari Pulau Jawa untuk menangkap tersangka kasus tindak pidana yang melarikan diri ke wilayahnya. Karena, wilayah geografis OKU Selatan yang berada di dataran tinggi dan di perbatasan antara Lampung dan Bengkulu ini, dianggap menjadi tempat persembunyian yang aman bagi pelaku kejahatan.

"Pelaku kriminal yang banyak lari ke OKU Selatan ini dari Jawa. Apa lagi di kecamatan Buay Pemaca itu arah masuk dan keluar. Di sana tidak ada jaringan internet. Banyak juga warga di sana tinggal di tempat yang sulit dijangkau," tandas Ernofit.

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya