Comscore Tracker

Gagal di Pilpres 2019, Begini Rekam Jejak politik Sandiaga Uno

Setelah gagal, Sandiaga ingin istirahat dari politik

Jakarta, IDN Times - Keberuntungan belum berpihak pada Sandiaga Salahudin Uno di Pemilihan Presiden 2019 setelah dia dan pasangannya, Prabowo Subianto dikalahkan petahana, Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Sandiaga pun berniat untuk istirahat dulu dari hingar-bingar dunia politik.

 Sebelum terjun ke dunia politik, Sandiaga adalah pebisnis.  Sebelum pilpres, Sandiaga mencoba peruntungannya di ranah politik dengan maju dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta pada 2017. Saat itu, ia maju sebagai calon wakil gubernur mendampingi Anies Baswedan. Keduanya kemudian terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur.

Namun Sandiaga tidak menyelesaikan masa kerjanya sebagai wakil gubernur karena ingin maju dalam bursa Pilpres 2019 mendampingi Prabowo Subianto.

Seperti apa sesunguhnya sepak terjang Sandiaga di dunia politik Indonesia? Berikut IDN Times merangkumnya.

1. Maju menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta

Gagal di Pilpres 2019, Begini Rekam Jejak politik Sandiaga UnoReno Esnir/ANTARA FOTO

Di akhir 2016, Sandiaga maju sebagai calon Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Anies Baswedan. Selama masa kampanye, Sandiaga selalu mendengungkan program andalannya yang bernama OK OCE dan berhasil membawanya menduduki kursi DKI 2.

Namun, kursi itu tak didudukinya terlalu lama. Setelah beberapa bulan menjabat, Sandiaga memutuskan maju meneruskan keberhasilan politiknya sebagai calon wakil presiden RI.

Baca Juga: Sandiaga Uno Akhirnya Ucapkan Selamat kepada Jokowi-Ma'ruf

2. Mencalonkan diri sebagai Wakil Presiden RI

Gagal di Pilpres 2019, Begini Rekam Jejak politik Sandiaga UnoIDN Times/Irfan Fathurohman

Belum kelar jabatannya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga memutuskan mundur setelah "dilamar" Prabowo untuk menjadi cawapres.

Penunjukkan Sandiaga sebagai calon wakil presiden, diakui Prabowo telah disetujui oleh partai koalisi yang mendukungnya.

Untuk modal kampanye di Pilpres 2019, kabarnya Sandiaga menjual sahamnya yang bernilai triliunan rupiah. Namun nasib baik tak berpihak lagi kepadanya. Sandiaga gagal memenangkan kursi wakil presiden RI periode 2019-2024.

3. Sempat menjadi Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra

Gagal di Pilpres 2019, Begini Rekam Jejak politik Sandiaga UnoIDN Times/Auriga Agustina

Sebelum memutuskan mundur dari Partai Gerindra, Sandiaga sempat menduduki kursi Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra sejak bergabung pada 2015. Namun, ketika maju sebagai cawapres bersama Prabowo Subianto, Sandiaga menyatakan mundur dari Gerindra pada Agustus 2018.

Politikus Partai Gerindra Andre Rosiade mengatakan Sandiaga pasti akan kembali lagi bergabung dengan Partai Gerindra.

"Bang Sandiaga menyatakan akan selalu tetap bersama-sama Pak Prabowo, akan mengikuti langkah Pak Prabowo, akan terus menerus bersama Pak Prabowo. Kemungkinan besar Pak Sandi akan kembali ke Partai Gerindra. Pada saatnya Pak Prabowo akan bicara dengan Pak Sandi apa langkahnya ke depan," ujar Andre saat ditemui di Gedung Parlemen, Rabu (3/7).

4. Sandiaga memutuskan vakum dari ranah politik

Gagal di Pilpres 2019, Begini Rekam Jejak politik Sandiaga UnoIDN Times / Auriga Agustina

Setelah gagal maju menjadi wakil presiden 2019-2024, Sandiaga memutuskan rehat dari dunia perpolitikan. Hal ini diamini oleh politisi Partai Golkar Ace Hasan Syadzily, yang menghormati pilihan Sandiaga untuk istirahat di dalam politik. Namun, selaras dengan pernyataan Andre, Ace menilai jika ada tawaran atau jabatan menarik, tidak dipungkiri Sandiaga akan tertarik dan mempertahankan eksistensinya di dunia politik.

"Mungkin karena beliau merasa bahwa ya memang politik beliau sudah tidak beruntung dalam proses politik capres cawapres ini maka mungkin akan cooling down dulu. Tapi saya nggak terlalu yakin bahwa itu akan berlangsung secara lama. Kenapa? ya karena politik sekali lagi kadang-kadang kalau kesempatannya ada kemudian peluangnya tetep terbuka itu biasanya yang mendorong seseorang untuk tetap dalam pusaran politik itu," ujar Ace di Gedung DPR RI, Rabu (3/7).

Baca Juga: Sandiaga Punya Kans di Pilpres 2024, Cocok Berpasangan dengan Siapa?

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You