Comscore Tracker

Termasuk Malaysia, 3 Negara Ini Mengonfirmasi Terdampak Virus Corona

Otoritas setempat akui menemukan kasus virus Corona

Jakarta, IDN Times - Wabah virus Corona pada sepekan terakhir, menjadi penyebab kematian terganas di Tiongkok. Saat ini, virus itu diduga telah menyebar ke sejumlah negara di dunia. Setidaknya, tiga negara mengakui tengah melakukan penanganan pasien yang terindikasi terjangkit virus Corona.

Dilansir Antara, tiga negara, masing-masing Australia, Prancis, dan Malaysia secara terbuka mengakui menangani sejumlah pasien yang terindikasi terkena virus Corona. Otoritas Tiongkok sendiri melaporkan 41 orang meninggal akibat virus ganas baru ini.

1. Kasus virus corona disebut menjangkiti seorang warga Australia

Termasuk Malaysia, 3 Negara Ini Mengonfirmasi Terdampak Virus CoronaUnsplash.com

Kasus virus Corona di negara bagian Victoria, merupakan yang pertama dilaporkan oleh otoritas negara Australia. Antara melaporkan, seorang warga Tiongkok yang baru saja tiba dari Kota Wuhan, tempat virus pertama kali muncul, dalam kondisi stabil di rumah sakit Melbourne setibanya dari Tiongkok pada 19 Januari lalu.

"Kondisi pasien stabil dan tidak begitu serius," ujar Menteri Kesehatan Victoria, Jenny Mikakos, seperti dikutip dari Antara.

Saat ini, pemerintah Australia mendesak masyarakat agar tidak bepergian ke Provinsi Hubei di China, yang menjadi pusat wabah tersebut.

Penjabat Kepala Kesehatan Victoria, Angie Bone, juga mengatakan pasien tidak dalam perawatan intensif. Pemerintah Australia mendesak masyarakatnya untuk tidak mengunjungi Provinsi Hubei di China.

Baca Juga: Pasien di RSPI Jakarta Dipastikan Negatif Virus Corona

2. Dua kasus virus Corona ditemukan di Prancis

Termasuk Malaysia, 3 Negara Ini Mengonfirmasi Terdampak Virus CoronaPengunjung memakai masker berjalan melewati Shanghai Disney Resort, yang akan ditututp selama liburan Tahun Baru Imlek menyusul penularan virus corona baru di Shanghai, Tiongkok, pada 24 Januari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song

Di Prancis, dua kasus virus Corona yang berasal dari Kota Wuhan, Tiongkok, dikonfirmasi oleh pemerintah Prancis. 

Menteri Kesehatan Prancis, Agnes Buzyn, menyebutkan dua orang yang diduga terinfeksi tersebut sebelumnya melakukan perjalanan ke kota yang berada di kawasan Tiongkok tengah tersebut.

"Dia ditempatkan di ruang terisolasi. Dia baik-baik saja," kata Agnes. Keduanya berada di dua rumah sakit yang berbeda. Seorang berada di Paris sedang yang lainnya berada di Bordeaux.

Dua kasus virus corona ini menjadi temuan pertama yang dikonfirmasi di kawasan Benua Eropa.

3. Di kawasan Asean, tiga kasus Corona virus ditemukan di Malaysia

Termasuk Malaysia, 3 Negara Ini Mengonfirmasi Terdampak Virus Coronacnbcindonesia.com

Pemerintah Malaysia membenarkan adanya temuan tiga kasus infeksi virus corona di negaranya. Kasus ini menjadi kasus pertama di kawasan Asia Tenggara.

Menteri Kesehatan Malaysia, Dzulkefly Ahmad, menyebutkan bahwa ada tiga orang yang terinfeksi punya kaitan dengan pria berusia 66 tahun yang sebelumnya oleh otiritas kesehatan Singapura dikonfirmasi terbukti positif terjangkit virus corona.

Seluruh pasien kini tengah menjalani perawatan di ruang isolasi. Di Singapura, pemerintah sudah mengeluarkan imbauan bagi masyarakat untuk tidak bepergian ke Provinsi Hubei, Tiongkok.

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Pemprov Perketat Pengawasan di Pintu Masuk Sulsel

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya