Comscore Tracker

Uni Lubis di IWF 2019: Bedakan yang Noise dan The Real One

Millennials tengah berada dalam kepungan informasi digital

Jakarta, IDN Times - Istilah tsunami informasi jadi populer saat ini. Serbuan beragam informasi membuat masyarakat, terutama millennials dikepung oleh data digital berlebih. Hal tersebut dikemukakan Pemimpin Redaksi IDN Times dan Duniaku.com, Uni Lubis. 

Menurut Uni Lubis, untuk menghadapi situasi seperti sekarang ini, hal yang perlu dilakukan adalah kemampuan untuk memilih dan memilah mana data informasi digital yang noise dan mana yang the real one

"Dari segi jurnalis platform saja yang berubah. Prinsipnya itu sama, disiplin verifikasi," kata Uni di Indonesia Writer Festival (IWF) 2019 yang berlangsung di Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Serpong, Tangerang, Banten, Jumat (6/9).

Dia menambahkan, hal ini tidak hanya menjadi tugas jurnalis tapi juga generasi zaman sekarang dan masa depan.

Menurut data IDN Research Institute, dari 267 juta penduduk Indonesia, 63 juta di antaranya merupakan millennials. Kelompok millennials ini memiliki peran besar termasuk dalam shaping the opinion.

"Kita di media mencoba shaping the information, semoga menyampaikan yang benar. Data, fakta, banyak, harus ditempatkan dalam konteks," kata Uni. 

Acara Indonesia Writers Festival 2019 digelar oleh IDN Times. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2019 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesia Through Writing ini dilangsungkan pada 6 hingga 7 September 2019 di Universitas Multimedia Nusantara, Serpong, Tangerang.

IWF 2019 sendiri menghadirkan lebih dari 30 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Najwa Shihab, Rosiana Silalahi, Ivan Lanin, Marchella FP, Gina S. Noer, Sheila Timothy, Dewi Lestari, Reza Rahadian, Trinity, Windy Ariestanty, Ayu Utami, Henry Manampiring, Angkie Yudistia dan masih banyak lagi.

Ajang penulisan terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh 5.000-an penggiat dunia literasi dan kreatif. Simak dan ikuti terus perkembangan IWF 2019 di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: IWF 2019, IDN Times Luncurkan Buku Kumpulan Cerpen Bertema Bullying

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya