Comscore Tracker

Hore! Kemendikbud Dapat Anggaran Pulsa Rp9 Triliun untuk PJJ

Mendikbud Nadiem sebut janjinya sudah tercapai

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendapat tambahan anggaran sebesar Rp9 triliun untuk kebutuhan pulsa bagi peserta didik dan guru di masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) karena pandemik. 

"Kami sudah mendapat persetujuan untuk anggaran sebesar sembilan triliun rupiah untuk tahun ini yang akan kami kerahkan untuk pulsa dan kuota bagi siswa, guru, mahasiswa, dan dosen selama 3-4 bulan ke depan," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR RI yang disiarkan melalui kanal YouTube DPR RI pada Kamis (27/8/2020).

Selain itu, Mendikbud juga mengapresiasi bantuan dan kerja sama dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani dan jajaran pejabat Kemenkeu yang telah membantu mengamankan anggaran dari dana cadangan.

1. Subsidi Kemendikbud diperoleh dari perjuangan keras

Hore! Kemendikbud Dapat Anggaran Pulsa Rp9 Triliun untuk PJJMendikbud, Nadiem Makarim dalam Rapat Kerja bersama Komisi X DPR RI (YouTube/DPR RI)

Dalam rapat kerja, Nadiem menyebutkan pihaknya telah melakukan perjuangan internal agar bisa mendapatkan anggaran tambahan untuk menjawab kecemasan masyarakat terkait dengan pemenuhan pulsa atau kuota internet guna melakukan PJJ yang mayoritas dilakukan secara daring.

"Kami telah beberapa minggu terakhir melakukan perjuangan internal di dalam pemerintah," kata Nadiem.

"Dan alhamdulillah kami telah mendapat dengan dukungan beberapa menteri lain untuk anggaran pulsa untuk peserta didik kita di masa PJJ ini," lanjut dia lagi.

Baca Juga: Hore! Pemerintah akan Beri Bantuan Pulsa Internet untuk Pelajar

2. Subsidi dibagikan dalam bentuk kuota internet serta tunjangan

Hore! Kemendikbud Dapat Anggaran Pulsa Rp9 Triliun untuk PJJMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim memaparkan proogram Merdeka Belajar: Kampus Merdeka (Dok.IDN Times/Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud)

Dalam paparannya, Mas Menteri, begitu Nadiem akrab disapa menggelontorkan dana sebesar Rp7,2 triliun untuk subsidi kuota internet pendidik dan peserta didik. Sedangkan Rp1,7 triliun akan digelontorkan untuk tunjangan profesi guru dan tenaga kependidikan. Juga tunjangan profesi dosen dan tunjangan guru besar.

Sehingga secara keseluruhan hampir 9 miliar akan digunakan oleh Kemendikbud untuk subsidi kuota internet dan tunjangan.

Dalam paparannya disampaikan siswa akan mendapatkan subsidi kuota internet sebesar 35 GB/bulan sedangkan guru akan mendapatkan 42 GB/bulan. Bagi mahasiswa dan dosen masing-masing akan mendapatkan 50/bulan.

3. Nadiem sebut janjinya menyediakan subsidi telah tercapai

Hore! Kemendikbud Dapat Anggaran Pulsa Rp9 Triliun untuk PJJMendikbud dala Rapat Kerja bersama Komisi X DPR RI (YouTube/DPR RI)

"Sekarang janji saya bahwa pulsa untuk siswa dan mahasiswa, alhamdulillah tercapai, terima kasih," kata Nadim disambut tepuk tangan dari anggota Komisi X DPR RI.

Nabi mengaku proses pencairan anggaran tersebut sedang dalam proses akselerasi dari pihak Kemendikbud agar dapat segera cair dan manfaatnya dapat dirasakan untuk membantu banyak siswa dan guru-guru di Indonesia.

"Saya tidak akan berhenti di sini. Saya akan terus memperjuangkan untuk lebih lagi di atas ini," pungkas Nadiem.

Baca Juga: Siswa di Makassar Belajar Daring di Kuburan

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya