Najwa Shihab: Literasi Tak Hanya tentang Mampu Membaca Saja

Najwa kasih penjelasan seperti apa membaca yang benar

Jakarta, IDN Times - Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab, menilai literasi menjadi sesuatu yang penting tak hanya untuk millennials tapi untuk seluruh manusia.

"Penting untuk manusia," kata Najwa ditemui usai menjadi pembicara dalam Indonesia Writer Festival 2019 di Universitas Multimedia Nusantara pada Jumat (6/9).

"Literasi itu kemampuan kita untuk mengolah informasi sehingga kita bisa mengambil keputusan-keputusan penting dalam hidup," kata Najwa.

Ia juga mengatakan literasi bukan hanya kemampuan untuk membaca.

"Tapi kemampuan kita untuk mengambil apa pun dari segala daya yang ada di diri kita untuk mengolah itu menjadi informasi," kata Najwa.

"Jangan disempitkan hanya sebatas kemampuan kita membaca dan menulis dan jangan juga disempitkan sebatas kemampuan mengeja," lanjut dia.

Menurut Najwa, saat ini salah satu tantangan utama yang dihadapi adalah orang membaca tulisan, namun tidak memahami jelas makna dari tulisan tersebut.

"Jadi intinya kita hanya mengeja, tapi kita tidak mampu menarik makna dari tulisan," kata Najwa. Dia menjelaskan, sesungguhnya membaca adalah kemampuan untuk menyimpulkan apa yang penting, apa benang merahnya dan itu sesuatu yang terus latih.

IDN Times menggelar Indonesia Writer Festival 2019. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2019 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesia Through Writing ini dilangsungkan pada 6 hingga 7 September 2019 di Universitas Multimedia Nusantara, Serpong, Tangerang.

IWF 2019 sendiri menghadirkan lebih dari 30 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Najwa Shihab, Rosiana Silalahi, Ivan Lanin, Marchella FP, Gina S. Noer, Sheila Timothy, Dewi Lestari, Reza Rahadian, Trinity, Windy Ariestanty, Ayu Utami, Henry Manampiring, Angkie Yudistia dan masih banyak lagi.

Ajang penulisan terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh 5.000-an penggiat dunia literasi dan kreatif. Simak dan ikuti terus perkembangan IWF 2019 di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Soal Netralitas Jurnalis, Najwa: Yang Saya Peduli Kepentingan Publik!

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya