Comscore Tracker

Anita Wahid Menilai Ciri Khas 'Sederhana' Jokowi Mulai Hilang

Belakangan Jokowi selalu dikawal ketat

Jakarta, IDN Times - Aktivis Perempuan Indonesia Antikorupsi, Anita Wahid, menganggap kesederhanaan dan keharmonisan keluarga sebagai ciri khas Presiden Joko "Jokowi" Widodo, merupakan hal yang menjadi kebanggan bagi banyak orang.

Hal ini disampaikan Anita di IDN Media HQ bilangan Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, pada Minggu (20/10). Namun, Anita merasa keharmonisan keluarga tak perlu terlalu diumbar.

"Karakter lain di Jokowi yang sangat spesial adalah kedekatannya dengan masyarakat. Dia gak punya sekat sebenarnya," kata Anita.

"Selama ini kelihatan banget. Tidak terlalu terikat dengan protokoler," lanjut dia.

Salah satu contoh peristiwa yang dicontohkan Anita adalah ketika Jokowi turun dari mimbar dan menyalami komandan upacara dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia pada 17 Agustus lalu.

Namun beberapa waktu belakangan, suasana seolah menjadi tegang. Pengawalan ketat kerap terlihat mengelilingi Jokowi. "Tidak cuman tegang tapi kayak berjarak lagi. Seperti punya jarak besar dengan masyarakat dan tidak bersentuhan langsung kecuali untuk hal-hal sepele," kata Anita.

Selfie menjadi salah satu kekhasan Jokowi. Hal itu disebut Anita sebagai salah satu lambang kedekatan dengan masyarakat.

"Kalau itu hilang dari Pak Jokowi sayang banget. Kehilangan ke-Jokowian-nya," kata Anita. Putri Gus Dur ini juga mengingatkan ancaman terhadap keselamatan kepala negara itu akan selalu ada.

"Kehilangan karakter beliau yang khas, yang hangat, yang dekat dengan masyarakat," sebut Anita.

Baca Juga: Berharap Perppu KPK Dikeluarkan, Anita Wahid: Beri Jokowi Waktu

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You