Comscore Tracker

Megawati: Kalau Urusan Menteri, Tunggu Tanggal Mainnya

Minta lebih dari 10 kursi di jajaran menteri Jokowi-Ma'ruf

Denpasar, IDN Times - Sebagai partai pemenang Pemilihan Umum 2019, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kemungkinan mendapat jatah terbanyak di kursi kabinet. Siapa kader-kader PDIP yang digadang masuk kabinet Presiden Joko "Jokowi" Widodo periode kedua?

Megawati Soekarnoputri selaku menteri, hari ini (10/8) melantik kader-kader terbaiknya yang tergabung dalam kepengurusan DPP PDIP periode 2019-2024 di Hotel Grand Inna Bali Beach, Sanur, Bali.

Di antara kader-kader tersebut beberapa nama digadang-gadang bisa saja menjadi menteri di kabinet presiden Joko "Jokowi" Widodo mendatang. 

1. Megawati: Tunggu tanggal mainnya

Megawati: Kalau Urusan Menteri, Tunggu Tanggal MainnyaANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Ditanya soal kader-kader terbaiknya yang mungkin saja menduduki kursi menteri di kabinet mendatang, Megawati enggan memberikan komentar panjang.

"Kalau urusan menteri dan sebagainya, ya tunggu tanggal mainnya, terima kasih." Kata Megawati dalam konferensi pers usai penutupan Kongres V PDIP.

Sejumlah kader-kader terbaik PDIP dijadikan pengurus dalam DPP PDIP periode 2019-2024 oleh Megawati.

Baca Juga: Megawati Tetap Ketum, Ini Kepengurusan Lengkap PDIP 2019-2024

2. Soal jumlah jatah menteri, Megawati "emoh" kalau hanya dikasih empat kursi

Megawati: Kalau Urusan Menteri, Tunggu Tanggal MainnyaIDN Times/Margith Juita Damanik

Dalam pembukaan Kongres V PDIP, Megawati menyampaikan keinginannya agar PDIP selaku partai pengusung pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin, dapat memperoleh kursi terbanyak di jajaran kabinet.

"Mesti ada menterinya dari PDIP, mesti banyak, orang kita menang dua kali. Kalau cuma dikasih empat, emoh," kata Megawati, disambut tawa peserta dan tamu yang hadir pada pembukaan kongres pada Kamis (8/8) lalu.

Pembukaan kongres ini dihadiri oleh sejumlah petinggi partai politik Koalisi Indonesia Kerja. Juga turut hadir Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, yang merupakan tamu istimewa yang diundang langsung oleh Megawati.

"Ini dalam kongres partai ya Pak Presiden, saya meminta dengan hormat bahwa PDIP masuk ke kabinet dengan jumlah menteri yang terbanyak," kata Megawati dengan lantang dan disambut riuh hadirin.

3. Gak tanggung-tanggung, PDIP minta lebih dari 10 kursi menteri

Megawati: Kalau Urusan Menteri, Tunggu Tanggal MainnyaIDN Times/Margith Juita Damanik

PDIP disebut-sebut meminta lebih dari 10 kursi untuk diduduki di kabinet Jokowi-Ma'ruf mendatang. Hal tersebut senada dengan ungkapan putri Megawati, Puan Maharani.

Puan mengatakan, PDIP akan mendapatkan lebih dari 10 menteri dalam kabinet Jokowi mendatang. Tapi, Puan enggan membocorkan nama-nama calon menteri tersebut. Menurutnya nama-namanya calon menteri dari kader PDIP sudah dikantongi oleh Ketua Umum.

"Nama-nama sudah ada dong dan banyak. Nanti saja lihat. Nama sudah ada di kantong Ketum. Kita bahas tertutup, tapi Oktober nanti," kata Puan di Hotel Grand Inna Bali Beach pada Jumat (9/8).

"Lebih dari 10, kan kemarin Presiden bilang bahwa PDIP akan dapat posisi lebih banyak karena memang suaranya lebih banyak," kata dia lagi.

Baca Juga: PDIP Disebut Sudah Siapkan 10 Nama Calon Menteri, Ini Jawaban Djarot

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya