Comscore Tracker

Jenazah Habibie Masuk ke Liang Lahat, di Samping Pusara Istri Tercinta

Satu tembakan dilepaskan ke udara sebagai tanda penghormatan

Jakarta, IDN Times - Jenazah Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9) siang. Dia dimakamkan di sebelah pusara sang istri, Ainun Habibie, yang lebih dulu meninggal pada 22 Mei 2010.

Satu tembakan dilepaskan ke udara sebagai tanda penghormatan terakhir ketika jenazah Habibie masuk liang lahat. Jenazah Habibie yang terbungkus rapi dengan kain kafan dikeluarkan dari peti. Selama jenazah diturunkan, petugas memegang dan membentangkan bendera Merah Putih di atas liang lahatnya, seolah sebagai atap bagi jenazah salah satu putra terbaik Indonesia ini.

Berdasarkan tayangan langsung Kompas TV,  Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menjadi salah satu yang memegang Sang Saka Merah Putih di atas pusara Habibie. Ia memegang salah satu sudut bendera yang dibentangkan setinggi dada.

Upacara militer pemakaman BJ Habibie dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko "Jokowi" Widodo selaku inspektur upacara.

Usai jenazah dimasukkan ke liang lahat, keluarga mendekati liang lahat dan diberi waktu untuk menaburkan bunga ke dalam liang lahat.

Anak, cucu, dan keluarga terdekat Habibie menaburkan bunga. Setelah itu Jokowi ikut menimbun liang lahat Habibie. Usai menurunkan tanah ke liang lahat, ia memberikan penghormatan di pusara Presiden ke-3 Republik Indonesia itu.

Akhirnya Habibie bisa beristirahat bersama-sama dengan sang istri. Cinta mendalam Habibie kepada Ainun memang bukan rahasia lagi. Kisah mereka bahkan diangkat ke layar lebar dengan judul Habibie & Ainun.

Baca Juga: Cerita BJ Habibie yang Tidak Suka Pulpen Tinta Hitam

Baca Juga: 5 Solusi Eyang Habibie untuk Masalah Cinta

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You