Hasil Survei: Prabowo Menteri Paling Dipercaya di Kabinet Jokowi

Prabowo disebut sebagai magnet di kabinet Jokowi

Jakarta, IDN Times - Direktur Indonesia Political Opinion, Dedi Kurnia Syah Putra menyebutkan, Prabowo Subianto merupakan salah satu menteri Kabinet Indonesia Maju paling hits saat ini. Penilaian tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan IPO.

Dedi mengatakan, Prabowo tak hanya dikenal oleh publik, namun juga dianggap sebagai sosok paling tepat untuk menduduki kursi menteri pertahanan.

Dari hasil survei itu juga diketahui, optimisme publik terhadap Kabinet Indonesia Maju juga tinggi. "Publik lebih percaya bahwa Indonesia dengan komposisi kabinet sekarang optimis itu ada sekitar 64 persen," kata Dedi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (23/11). 

Baca Juga: Rapat tentang Alutsista, Jokowi Perintahkan 3 Hal Ini ke Prabowo

1. Popularitas Prabowo nomor dua setelah Sri Mulyani

Hasil Survei: Prabowo Menteri Paling Dipercaya di Kabinet JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Berdasarkan hasil survei IPO, popularitas Prabowo berada di posisi kedua setelah Menteri Keuangan Sri Mulyani. Tingkat popularitas Sri Mulyani sebesar 39 persen. Sementara Prabowo, 22 persen.

"Kemudian secara umum rentan angka 5 sampai 3 persen adalah nama-nama populer lain," kata Dedi.

"Misalnya Mahfud MD, kemudian Retno Marsudi, Nadiem Makarim, kemudian ada Luhut Binsar Panjaitan," lanjut dia.

2. Prabowo paling tepat menduduki kursi menhan

Hasil Survei: Prabowo Menteri Paling Dipercaya di Kabinet JokowiDok. Sekretariat Kabinet Republik Indonesia

Salah satu survei yang dilakukan IPO terkait kepercayaan publik terhadap tokoh yang ditempatkan di kabinet. Dalam data IPO, Prabowo mendapat kepercayaan paling tinggi dari publik.

"Artinya apa? Prabowo Subianto dianggap publik paling sesuai dengan Kementerian Pertahanan," kata Dedi. Berada di bawah Prabowo, terdapat nama Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Hasil ini memperlihatkan, meskipun nama Sri Mulyani paling populer di mata publik, namun ternyata Prabowo yang dianggap paling tepat dengan dengan kementerian yang dipimpinnya.

3. Prabowo dinilai sebagai magnet kabinet Jokowi

Hasil Survei: Prabowo Menteri Paling Dipercaya di Kabinet JokowiMenteri Pertahanan Prabowo Subianto di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Jumat 22 November (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Sejak namanya diumumkan masuk dalam Kabinet Indonesia Maju, Prabowo tak lepas dari sorotan. Ketua Umum Partai Gerindra ini kerap menjadi perbincangan publik.

"Gak bisa dipungkiri bahwa di kabinet Jokowi, magnetnya adalah Pak Prabowo," kata Ketua DPP Gerindra, Hendarsam Marantuko.

"Ini menunjukkan bahwa besar perhatian publik kepada Pak Prabowo dan besar kepercayaan publik terhadap Pak Prabowo," lanjut dia.

Baca Juga: Prabowo Jadi Menhan, Titiek Soeharto: Badannya Merah Putih

Topik:

  • Sunariyah
  • Margith Juita Damanik

Berita Terkini Lainnya