Comscore Tracker

Kamu Mau Daftar SBMPTN? Simak Dulu Nasihat Menristekdikti Ini

Biar gak menyesal salah pilih jurusan kuliah

Jakarta, IDN Times - Hari ini (10/9), pendaftaran peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 mulai dibuka. Apakah kamu termasuk yang ikut mendaftar? Jika ya, simak dulu nih pesan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir.

"Dipersilakan seluruh peserta atau seluruh anak Indonesia yang sudah ikut UTBK, silakan mendaftar sesuai dengan kemampuannya masing-masing," kata Menristekdikti pada Senin (10/6).

Baca Juga: Pendaftaran SBMPTN Mulai Dibuka, Ini Syarat dan Tahapannya

1. Mendaftar sesuai minat dan bakat

Kamu Mau Daftar SBMPTN? Simak Dulu Nasihat Menristekdikti IniIDN Times/Irfan Fathurohman

M Nasir juga berharap para peserta yang mendaftarkan diri untuk mengikuti SBMPTN, menyesuaikan pilihan jurusan kuliah dengan minat dan bakat masing-masing. "Dan mudah-mudahan harapan saya mereka bisa memilih sesuai dengan bidang yang diinginkan dan diminati betul," kata Mohammad Nasir.

"Sesuai dengan kemampuannya. Bukan lagi memilih atas keinginan yang tidak sesuai kemampuannya," tambah dia.

2. Berharap tingkat kegagalan peserta jadi lebih rendah

Kamu Mau Daftar SBMPTN? Simak Dulu Nasihat Menristekdikti IniIDN Times/Margith Juita Damanik

Ia berharap sistem ini membuat tingkat kegagalan peserta menjadi lebih rendah. "Supaya tingkat kegagalan anak itu lebih rendah. Jadi supaya lebih sesuai dengan minat dan bakat anak masing-masing," kata dia.

3. Memperhatikan nilai UTBK sebagai acuan

Kamu Mau Daftar SBMPTN? Simak Dulu Nasihat Menristekdikti IniPixabay.com/geralt

Mohammad Nasir mengingatkan agar peserta SBMPTN memperhatikan tingkat kemampuan yang telah dipilih. Hal ini dapat dilakukan dengan melihat hasil nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk SBMPTN 2019 yang sudah diterima masing-masing peserta.

"Mudah-mudahan orang tidak lagi mendaftarkan dengan kemampuan nilai yang tidak sesuai," kata Mohammad Nasir.

Nilai UTBK digunakan sebagai dasar penilaian diterima tidaknya peserta SBMPTN di universitas yang dipilihnya. Hal ini menurut Menristekdikti lebih real.

"Harapan saya adalah sesuai dengan apa yang diminati terhadap bidang ilmu yang telah dipilih, dengan kemampuan UTBK yang telah dicapai," lanjut dia.

Baca Juga: Sanksi Berat Menunggu bagi PNS yang Bolos Setelah Libur Lebaran

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya