Ini Pesan Menristekdikti Buat Peserta SBMPTN

Goodluck ya semua!

Jakarta, IDN Times - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohammad Nasir berpesan kepada seluruh peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 agar mendaftarkan diri sesuai dengan kemampuan yanh dimiliki.

"Dipersilahkan seluruh peserta atau seluruh anak Indonesia yang sudah ikut UTBK, silahkan mendaftar sesuai dengan kemampuannya masing-masing," kata Menristekdikti ditemui di Gedung BPPT, Thamrin, Jakarta Pusat pada Senin (10/6).

Baca Juga: Latihan Soal SBMPTN Sekarang, Ini 7 Keuntungan Bakalan Kamu Dapatkan

1. Mendaftar sesuai minat dan bakat

Ini Pesan Menristekdikti Buat Peserta SBMPTNIDN Times/Irfan Fathurohman

Dia berharap para peserta mendaftarkan diri untuk mengikuti SBMPTN sesuai dengan minat dan bakat masing-masing. "Dan mudah-mudahan harapan saya mereka bisa memilih sesuai dengan bidang yang diinginkan dan diminati betul," kata Mohammad Nasir.

"Sesuai dengan kemampuannya. Bukan lagi memilih atas keinginan yang tidak sesuai kemampuannya," tambah dia.

2. Berharap tingkat kegagalan peserta jadi lebih rendah

Ini Pesan Menristekdikti Buat Peserta SBMPTNIDN Times/Margith Juita Damanik

Ia berharap sistem ini membuat tingkat kegagalan peserta menjadi lebih rendah. "Supaya tingkat kegagalan anak itu lebih rendah. Jadi supaya lebih sesuai dengan minat dan bakat anak masing-masing," kata dia.

3. Memperhatikan nilai UTBK sebagai acuan

Ini Pesan Menristekdikti Buat Peserta SBMPTNPixabay.com/geralt

Mohammad Nasir mengingatkan agar peserta SBMPTN memperhatikan tingkat kemampuan yang telah dipilih. Hal ini dapat dilakukan dengan melihat hasil nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk SBMPTN 2019 yang sudah diterima masing-masing peserta.

"Mudah-mudahan orang tidak lagi mendaftarkan dengan kemampuan nilai yang tidak sesuai," kata Mohammad Nasir.

Nilai UTBK digunakan sebagai dasar penilaian diterima tidaknya peserta SBMPTN di universitas yang dipilihnya. Hal ini menurut Menristekdikti lebih real.

"Harapan saya adalah sesuai dengan apa yang diminati terhadap bidang ilmu yang telah dipilih, dengan kemampuan UTBK yang telah dicapai," lanjut dia.

Baca Juga: Pendaftaran SBMPTN 2019 Dibuka Hari Ini, Kamu Sudah Siap Daftar?

Topik:

  • Anata Siregar
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya