Daftar KIP Kuliah Merdeka, Mahasiswa Bisa Dapat Rp12 Juta per Semester

Mendikbud naikkan anggaran KIP Kuliah 2021

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan peserta Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka bisa mendapatkan bantuan kuliah hingga Rp12 juta per semester. Besaran biaya pendidikan yang dikeluarkan Kemendikbud pada 2021 untuk penerima KIP Kuliah naik dibanding tahun lalu.

"Yang sekarang lagi mau mengambil SBMPTN dan UTBK, sekarang adalah kesempatannya untuk adik-adik yang kurang mampu tapi berprestasi, sekali adik-adik bisa bermimpi sangat besar, bisa masuk dalam program-program terhebat di Indonesia, Anda bisa menerima sampai dengan Rp12 juta per semester dari KIP Kuliah," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim dalam peluncuran Merdeka Belajar episode 9: KIP Kuliah Merdeka yang berlangsung secara daring hari ini, Jumat (26/3/2021).

1. Beda skema biaya pendidikan KIP Kuliah 2021 dan KIP Kuliah 2020

Daftar KIP Kuliah Merdeka, Mahasiswa Bisa Dapat Rp12 Juta per SemesterMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim dalam peluncuran Merdeka Belajar episode 9: KIP Kuliah merdeka (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Baca Juga: UGM akan Mulai Kuliah Tatap Muka, Mahasiswa DIY-Jateng Prioritas

Ada perbedaan besar antara skema biaya pendidikan pada KIP Kuliah 2020 dan KIP Kuliah 2021.

Pada KIP Kuliah 2020, rata-rata besaran uang kuliah dipukul rata sebesar Rp2,4 juta per semester tanpa mempertimbangkan fakultas, program studi, maupun universitas.

Sedangkan pada KIP Kuliah 2021, baiya pendidikan disesuaikan dengan program studi. Mendikbud menjelaskan, untuk prodi dengan akreditasi A bisa mendapatkan maksimal Rp12 juta per bulan, akreditasi B mendapat maksimal Rp4 juta per bulan, dan akreditasi C memeroleh maksimal Rp2,4 juta per bulan.

2. Kemendikbud naikkan anggaran KIP Kuliah 2021

Daftar KIP Kuliah Merdeka, Mahasiswa Bisa Dapat Rp12 Juta per Semesterinstagram.com/kipkuliah.kemdikbud

Langkah pertama yang diambil Kemendikbud terkait dengan KIP Kuliah Merdeka adalah dengan melakukan peningkatan anggaran dibanding dengan KIP Kuliah 2020.

"Yang pertama kita lakukan di tahun 2021 ini adalah meningkatkan anggarannya dulu dari Rp1,3 triliun kita meningkatkan anggaran KIP Kuliah ke Rp2,5 triliun," ujar Nadiem dalam paparannya.

Partisipan untuk KIP Kuliah 2021 disebut Nadiem akan sama dengan 2020 lalu, yakni mencapai 200 ribu orang.

3. Skema biaya hidup KIP Kuliah 2021 naik

Daftar KIP Kuliah Merdeka, Mahasiswa Bisa Dapat Rp12 Juta per SemesterIlustrasi Kuliah Online (IDN Times/Candra Irawan)

Tak hanya biaya pendidikan, biaya hidup dalam skema KIP Kuliah 2021 pun turut meningkat. Pada 2020, biaya hidup yang ditanggung KIP Kuliah sebesar Rp700 ribu disamakan untuk seluruh daerah di Indonesia.

"Jadinya biaya hidup itu masalahnya adalah tidak mencukupi untuk banyak daerah-daerah," sebut Mendikbud Nadiem. Menurut dia, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bandung, dan lainnya.

Untuk itu, pada KIP Kuliah 2021, biaya hidup disesuaikan dengan indeks harga daerah. Biaya hidup kemudian dibagi ke dalam lima klaster daerah sebagai berikut:

  • Daerah klaster 1: Rp800 ribu.
  • Daerah klaster 2: Rp950 ribu.
  • Daerah klaster 3: Rp1,1 juta.
  • Daerah klaster 4: Rp1,250 juta.
  • Daerah klaster 5: Rp1,4 juta.

Baca Juga: 5 Hal Penting Terkait KIP Kuliah Tahun 2021, Sudah Tahu?

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya