Belva Devara, Alumni Kampus Bergengsi Dunia Jadi Staf Khusus Jokowi

Belva Devara merupakan pendiri Ruangguru

Jakarta, IDN Times - Nama Adamas Belva Syah Devara resmi diperkenalkan Presiden Joko "Jokowi" Widodo sebagai salah satu staf khususnya hari ini, Kamis (21/11). Belva, begitu dia akrab disapa, selama ini dikenal sebagai Chief Executive Officer dan Co-Founder perusahaan penyedia jasa bidang pendidikan dan aplikasi Ruangguru.

Berusia di bawah 30 tahun, Belva menjadi salah satu millennial berprestasi di Indonesia. Dikutip dari sejumlah sumber, nama Belva pernah masuk sebagai pengusaha muda paling berpengaruh di Asia versi Majalah Forbes.

Baca Juga: [BREAKING] Deretan Staf Khusus Baru Jokowi, Di Antaranya Putri Tanjung

1. Alumni Harvard dan Stanford University

Belva Devara, Alumni Kampus Bergengsi Dunia Jadi Staf Khusus Jokowiinstagram.com/belvadevara

Belva tercatat sebagai alumni dari dua kampus internasional kenamaan dunia, Harvard University dan Stanford University. Belva mengambil jurusan Kebijakan Publik di Harvard University dan Bisnis Manajemen di Stanford University.

Selain itu, Belva juga terdaftar silang (cross-registered) pada fakultas lain di Harvard University, termasuk Harvard Medical School, Harvard Law School, dan Harvard Graduate School of Education. 

Namanya juga tercatat sebagai penerima beasiswa penuh dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan.

2. Mendirikan Ruangguru bersama sahabatnya, Muhammad Iman Usman

Belva Devara, Alumni Kampus Bergengsi Dunia Jadi Staf Khusus Jokowihttps://www.instagram.com/p/BqzYUOnl3eL/

Setelah menyelesaikan pendidikan di Harvard dan Stanford University, Belva bersama sahabatnya, Muhammad Iman Usman, mendirikan aplikasi teknologi berbasis pendidikan, namanya Ruangguru.

Iman merupakan lulusan Universitas Indonesia dan Columbia University. Melalui Ruangguru, keduanya fokus untuk meningkatkan pendidikan Indonesia lewat Ruangguru yang memudahkan siswa SD, SMP, dan SMA belajar secara online

3. Pernah jadi pembicara dalam forum tingkat dunia

Belva Devara, Alumni Kampus Bergengsi Dunia Jadi Staf Khusus Jokowiinstagram.com/belvadevara

Belva diketahui pernah menjadi pembicara dalam forum dunia. Pada 2018, Belva dipercaya sebagai salah satu pembicara dalam World Economic Forum on ASEAN, dan berbicara di antara tokoh-tokoh penting di ASEAN.

Selain itu, dia juga pernah diminta menjadi pembicara dunia untuk kecerdasan buatan dan pendidikan adaptif di Beijing, Tiongkok. Wah, keren ya staf khusus (stafsus) Presiden yang satu ini.

Baca Juga: Beban Berat Anak Konglomerat, Putri Tanjung Unjuk Gigi di Usia 15 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya