Comscore Tracker

AHY dan Ibas Kunjungi Istana, Jokowi Titip Pesan untuk SBY

Kedua putra SBY halalbihalal ke Istana Negara

Jakarta, IDN Times - Mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak pergi ke Istana Negara untuk halalbihalal di Lebaran tahun ini setelah kepergian sang istri, Ani Yudhoyono. SBY "mengirim" kedua putra dan menantunya ke Istana Negara untuk menemui Presiden Joko Widodo dan keluarga.

Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono tampak hadir dan bersilaturahmi ke Istana Negara pada Rabu (5/6). Turut hadir juga istri AHY, Annisa Pohan Yudhoyono, dan istri Ibas, Aliya Rajasa Yudhoyono.

Rombongan inipun dijamu khusus Presiden Republik Indonesia, Joko "Jokowi" Widodo, Ibu Negara Iriana Widodo, dan putra bungsu mereka Kaesang Pangarep. 

Baca Juga: Perjuangan Panjang Ani Yudhoyono Melawan Kanker Darah

1. AHY dan Ibas datang ke Istana Negara setelah ziarah ke makam Ani Yudhoyono

AHY dan Ibas Kunjungi Istana, Jokowi Titip Pesan untuk SBYIDN Times/Margith Juita Damanik

AHY sempat menjelaskan mengapa rombongan keluarga Yudhoyono terlambat ke Istana Negara. Dia mengungkap, keluarganya ziarah lebih dulu ziarah ke makam sang bunda, Ani Yudhoyono sebelum ke Istana Negara.

Keluarga Yudhoyono menjalankan salat Id di kawasan Cikeas, Bogor, Jawa Barat yang merupakan kawasan tempat tinggal keluarga Yudhoyono.

Usai menjalankan saat Id, rombongan Yudhoyono segera bertolak untuk berziarah ke makam Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Setelahnya, baru rombongan AHY bertolak menuju Istana Negara. "Kemudian setelah dari TMP tadi, kami berempat, saya, Mas Ibas, Mbak Annisa, dan Mbak Aliya datang ke istana untuk melakukan silaturahim dengan Bapak Presiden Jokowi, Ibu Iriana, dan putra beliau, tadi ada Mas Kaesang," kata AHY.

Baca Juga: Lebaran Pertama Tanpa Ibu Ani, AHY: Ada yang Hampa di Hati

2. Menyampaikan titipan ucapan terima kasih SBY

AHY dan Ibas Kunjungi Istana, Jokowi Titip Pesan untuk SBYIDN Times/Margith Juita Damanik

Bertemu keluarga Presiden Jokowi, AHY dan rombongan juga menyampaikan selamat Idul Fitri. AHY juga mengucapkan terima kasih karena Jokowi bersedia menjadi inspektur upacara di prosesi pemakaman militer untuk menghormati Ani Yudhoyono. 

"Dan tentu pidato beliau juga yang sangat mengharukan menyentuh hati kami, bahkan menggunakan istilah 'flamboyan'," lanjut dia.

Ucapan terima kasih tersebut, menurut AHY, juga merupakan titipan pesan dari ayahnya.

3. Hadir tanpa SBY

AHY dan Ibas Kunjungi Istana, Jokowi Titip Pesan untuk SBYIDN Times/Margith Juita Damanik

AHY, Ibas, Annisa, dan Aliya hadir tanpa SBY di Istana Negara. Mereka berempat hanya menyampaikan salam dan pesan ucapan terima kasih dari SBY untuk keluarga Jokowi.

Menurut AHY, pertemuan ini merupakan silaturahmi dua keluarga.

"Ini adalah sebuah silaturahim antardua keluarga, keluarga SBY dengan keluarga Jokowi," kata AHY.

4. Pesan Jokowi untuk SBY

AHY dan Ibas Kunjungi Istana, Jokowi Titip Pesan untuk SBYIDN Times/Margith Juita Damanik

AHY mengatakan, Jokowi juga menitipkan pesan untuk SBY yang berhalangan hadir di Istana Negara. "Salam, dan tentunya dengan harapan dan doa semoga bapak SBY juga selalu sehat walafiat dan juga bisa tegar," kata AHY mengulangi pesan Jokowi untuk ayahnya.

"Dan tentunya, Pak Jokowi dan Ibu Iriana tadi berharap kami ini anak-anaknya, cucu-cucunya bisa terus kumpul memberikan support kepada Pak SBY supaya bisa melalui hari-hari yang tidak mudah bagi kami sekeluarga. Tapi, InsyaAllah kami terus tegar dan menata hati termasuk menyongsong hari esok yang lebih baik walaupun tanpa hadirnya Ibu Ani di samping kami," lanjut putra sulung SBY dan Ani Yudhoyono tersebut.

Baca Juga: Firasat-firasat Jelang Kepergian Ani Yudhoyono

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You