5 Pesan BJ Habibie untuk Millennials, Jangan Main Game Terus!

Habibie menginginkan anak muda lebih mengenal budayanya

Jakarta, IDN Times - Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie kini kerap disapa eyang, khususnya oleh generasi millennials. Nah, BJ Habibie pernah menyampaikan pesan kepada millennials alias kids zaman now lewat video Catatan Najwa.

Video bertajuk 'Eyang Habibie Menjawab Soal Kids Zaman Now' yang tayang dalam akun YouTube Najwa Shihab itu merupakan hasil kerja sama antara Narasi dan IDN Times.

Kepada kids zaman now ada setidaknya empat pesan penting yang Eyang Habibie, begitu dia akrab disapa, untuk dijadikan pegangan. Apa saja? Simak ya guys!

1. Menjadi unggul dalam bidang masing-masing

5 Pesan BJ Habibie untuk Millennials, Jangan Main Game Terus!instagram.com/habibiecenter

Menjadi pribadi yang unggul seharusnya menjadi pegangan kids zaman now menurut Habibie. Ternyata untuk menjadi unggul tak harus di bidang yang mainstream lho.

"Harus berusaha agar supaya menjadi unggul dalam bidangnya masing-masing," kata Habibie dalam tayangan yang diunggah pada Desember 2017 itu.

Salah satu caranya menurut Eyang Habibie adalah menanamkan mindset belajar untuk mengerti bukan untuk sekadar lulus. Utamanya di bidang-bidang yang digemari.

Baca Juga: Habibie Sudah Sadar dan dapat Melaksanakan Salat

2. Kids zaman now harus bisa berkolaborasi

5 Pesan BJ Habibie untuk Millennials, Jangan Main Game Terus!Youtube.com/Najwa Shihab

Dapat berkolaborasi dengan baik dengan segala pihak menjadi hal yang menurut Habibie perlu untuk dikuasai oleh kids zaman now. Menjadi pribadi yang unggul di bidangnya masing-masing nyatanya tidak cukup.

"Harus bisa bekerja sama dalam satu tim," kata Habibie. "Pertama Anda unggul dalam bidang masing-masing tapi dengan satu tim sebagai satu tim itu yang unggul dalam segala bidang," kata dia lagi.

Kepentingan yang diperjuangkan dalam satu tim pun menurut Habibie harus kepentingan bersama.

3. Menjadi pribadi yang transparan

5 Pesan BJ Habibie untuk Millennials, Jangan Main Game Terus!Dok.IDN Times

Setelah menjadi tim yang unggul dalam segala bidang Ada hal lain yang menurut Habibie harus menjadi pegangan untuk kids zaman now, yaitu dapat bekerja dengan terbuka.

"Harus transparan," kata Habibie singkat. Menurutnya bekerja dengan collaborative bersama-sama dalam satu tim memerlukan keterbukaan dan transparansi yang baik agar dapat terus berkembang dan menjadi lebih baik.

Baca Juga: 3 Undang-Undang Penting yang Lahir di Era Pemerintahan BJ Habibie

4. Jangan main games terus

5 Pesan BJ Habibie untuk Millennials, Jangan Main Game Terus!ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Kepada Najwa, Habibie bercerita dirinya jarang marah ketika cucunya memilih menggunakan teknologi untuk bermain games. Habibie menegaskan tidak salah untuk menggunakan teknologi dan terus memperbaharui pengetahuan terhadap teknologi namun tidak hanya untuk bermain games saja.

"Jangan habiskan waktu dengan main games," kata Habibie. "Habiskan waktu dengan membaca terhadap sesuatu yang Anda tekuni dan sukai," lanjut dia.

5. Jangan lepaskan budayamu

5 Pesan BJ Habibie untuk Millennials, Jangan Main Game Terus!IDN Times/Sukma Shakti

Kids zaman now diharapkan Habibie dapat menjadi andalan tidak hanya bagi keluarga namun juga bagi bangsa dan negara.

Salah satu cara yang menurut Habibie dapat dilakukan oleh kids zaman now adalah tetap melestarikan budaya Indonesia yang didapat dari keluarga dan agama.

"Jangan lepaskan budayamu," Kata Habibie. "Budaya itu harus Anda kembangkan terus kualitasnya," lanjut dia.

Baca Juga: Thareq Habibie: Jangan Khawatir Bapak Sudah Sembuh

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Dwifantya Aquina
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya