Comscore Tracker

Panutan! Pilot Jet Pribadi, Athira Farina Bergaji Rp50 Juta

Sudah bukan zamannya pilot hanya identik dengan kaum pria

Jakarta, IDN Times -  Bukan zamannya lagi, profesi dikotak-kotakkan berdasarkan gender.  Saat ini, semakin mudah menemukan perempuan menjalani profesi yang identik dengan kaum adam. Demikian juga sebaliknya.

Salah satu profesi yang identik dengan dunia maskulin adalah pilot. Athira Farina, menjadi salah satu perempuan yang mendobrak anggapan itu. 

Beberapa waktu lalu, IDN Times berkesempatan untuk berbincang dengan pilot perempuan keren ini. Athira bercerita panjang lebar, mulai pengalamannya menjadi pilot wanita, gaji. Simak nih, siapa tahu bisa menginspirasi kamu dalam memilih profesi di masa depan.

1. Sebagai kopilot, Penghasilan Athira mencapai Rp50 juta per bulan

Panutan! Pilot Jet Pribadi, Athira Farina Bergaji Rp50 JutaInstagram.com/@athirafarina

Saat berbincang, Athira blak-blakan bercerita soal pendapatannya yang bisa mencapai Rp50 juta. Angka itu didapatkannya saat dirinya masih berstatus kopilot.

"Kalau kopilot, se-saya semua hampir sama ya kurang lebihnya. Gak jauh-jauh beda sih, paling ya sekitar Rp40 juta sampai Rp50 jutaan lah," kata Athira.

2. Athira bisa menikmati pemandangan alam Indonesia hingga ke pelosok

Panutan! Pilot Jet Pribadi, Athira Farina Bergaji Rp50 JutaInstagram.com/@athirafarina

Athira mengaku setiap kali terbang menjadi pengalaman terbaiknya. "Sebenarnya setiap terbang itu punya pengalaman beda-beda, karena keadaan alam itu beda-beda kan," katanya.

Namun hal yang paling disyukuri Athira ketika dia bisa melihat langsung keindahan alam Indonesia hingga ke titik terpencil. "Kayak aku waktu terbang ke Rote, kita sering dengar namanya, Rote, tapi ternyata sebagus itu," kata dia.

Athira ternyata juga menjadi salah satu dari segelintir pilot yang dapat menerbangkan pesawat memasuki runway pendek. Selain Rote, Athira juga sudah menikmati keindahan Wakatobi dengan mata kepalanya sendiri.

Baca Juga: 5 Desa Adat yang Jadi Cermin Sulawesi Selatan di Masa Lampau

3. Sempat ganti cita-cita

Panutan! Pilot Jet Pribadi, Athira Farina Bergaji Rp50 JutaInstagram.com/@athirafarina

Saat ditanya mengapa memilih profesi pilot, Athira mengaku hal itu tak lepas dari rasa penasarannya saat dia masih kecil. "Waktu kecil sering jalan-jalan naik pesawat, yang bawa itu siapa akhirnya ya simpel lah anak kecil pengen tahu. Enak ya jadi pilot bisa jalan-jalan terus gitu," cerita Athira.

Meski demikian, Athira mengaku sempat beberapa kali berganti cita-cita, mulai dari pilot hingga polisi.

Baca Juga: Pilot Garuda Indonesia Turunkan Paksa Wanita Mabuk, Ini Kronologinya

4. Terbangkan jet pribadi

Panutan! Pilot Jet Pribadi, Athira Farina Bergaji Rp50 JutaInstagram.com/@athirafarina

Tak hanya istimewa karena Athira berstatus pilot perempuan, Athira tambah keren karena berstatus pilot jet pribadi. Athira justru belum pernah menjadi pilot pesawat komersil.

"Memang sekarang saya bekerja di perusahaan air charter, ya orang sih kenalnya pesawat pribadi gitu. Bukan pesawat airlines, tapi air charter gitu," kata dia.

5. Bikin laki-laki minder mendekati

Panutan! Pilot Jet Pribadi, Athira Farina Bergaji Rp50 JutaInstagram.com/@athirafarina

Berstatus pilot perempuan dengan pendapatan puluhan juta rupiah sebulan, membuat beberapa laki-laki minder atau rendah diri ketika mendekati Athira. Hal ini disadari dan dirasakan langsung oleh perempuan asal Medan ini.

"Ada sih beberapa yang minder, cuma ya harusnya nggak perlu gitu sih," kata Athira.

Athira mengaku melihat sosok laki-laki dari sisi tangggung jawabnya. "Kalau kayak gitu aja udah minder, ya berarti kan kita tahu, ah ini mungkin dia kalau cuma kayak gitu aja udah minder ke depannya bakal susah nih, gitu," tambah dia.

Baca Juga: #JusticeForAudrey Viral, Apa Kata Psikolog?

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You