Comscore Tracker

Soal Penelitian, 10 Universitas Ini Terbaik di Indonesia

Universitas Hasanuddin peringkat berapa?

Jakarta, IDN Times - Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional mengeluarkan daftar universitas terbaik, berdasarkan hasil penelitian. Kampus mana saja?

Peringkat tersebut merupakan hasil penilaian kinerja penelitian perguruan tinggi pada periode 2016-2018. Hasilnya diumumkan langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro. Pengumuman dilakukan di Gedung BPPT II, Jakarta Pusat, Selasa (19/11).

Dari ribuan perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia, Kemenristek telah menempatkan peringkat 10 besar perguruan tinggi berdasarkan hasil penelitian. Sepuluh perguruan tinggi itu masuk dalam klaster mandiri.

Baca Juga: Ini Peringkat 10 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Tahun 2019 

1. Daftar 10 perguruan tinggi, Unhas di peringkat 8

Soal Penelitian, 10 Universitas Ini Terbaik di IndonesiaMenristek/BRIN, Bambang Brodjonegoro memaparkan hasil penilaian kinerja penelitian Perguruan Tinggi pada periode 2016-2018 di Gedung BPPT II, Jakarta Pusat Selasa (19/11) IDN Times/Margith Juita Damanik

Ada 47 perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta yang masuk dalam daftar klaster mandiri. Sedangkan pada klaster utama terdapat 146 perguruan tinggi. Klaster madya 479 perguruan tinggi dan klaster binaan 1.305 perguruan tinggi.

Dari klaster mandiri yang ada, terdapat 10 universitas yang menduduki peringkat teratas. Sepuluh peringkat pertama ditempati universitas yang berhasil memperoleh bintang empat setengah hingga bintang empat dari Kemenristek/BRIN.

Berikut daftar 10 perguruan tinggi teratas dalam bidang penelitian:
1. Universitas Gadjah Mada
2. Institut Pertanian Bogor
3. Universitas Diponegoro
4. Universitas Andalas
5. Institut Teknologi Bandung
6. Universitas Airlangga
7. Universitas Padjadjaran
8. Universitas Hasanuddin
9. Institut Teknologi Sepuluh November
10. Universitas Udayana

2. Universitas Andalas berhasil meraih empat setengah bintang

Soal Penelitian, 10 Universitas Ini Terbaik di IndonesiaMenristek Bambang Brodjonegoro ditemui di Gedung BPPT II, Jakarta Pusat pada Selasa (19/11) IDN Times/Margith Juita Damanio

Dalam hasil tahun ini, Universitas Andalas dinilai berhasil memberi kejutan. Universitas yang terletak di Sumatera Barat ini tidak hanya masuk dalam klaster mandiri, namun juga sanggup bersaing pada peringkat lima besar universitas dengan hasil penelitian terbaik

"Ini the most surprising this year's," kata Bambang. "Loncatnya tinggi sekali," lanjut dia.

Universitas Andalas berhasil meraih empat setengah bintang dari Kemenristek.
Sedangkan perguruan tinggi kenamaan Tanah Air, Universitas Indonesia, hanya berhasil mengumpulkan empat bintang dan menduduki peringkat ke-12.

3. Universitas swasta sudah mulai unjuk gigi dalam bidang penelitian

Soal Penelitian, 10 Universitas Ini Terbaik di IndonesiaMenteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang PS Brodjonegoro dalam evaluasi hasil klasterisasi perguruan tinggi di Gedung BPPT II Pada Selasa (19/11) (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Tak hanya perguruan tinggi negeri (PTN), swasta juga mulai unjuk gigi dalam bidang penelitian. Hal ini ditunjukkan dengan sejumlah universitas swasta yang masuk dalam 47 daftar klaster mandiri Kemenristek/BRIN.

Beberapa di antaranya bahkan masuk 25 besar. "Universitas swasta dengan rangking penelitian yang tertinggi, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta," kata Bambang. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta menduduki peringkat ke-22.

Selain itu, ada pula Universitas Muhammadiyah Surakarta yang mengumpulkan tiga bintang dan berada pada peringkat ke-27.

Sejumlah universitas swasta lain yang juga masuk dalam daftar di antaranya: Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Telkom, Universitas Bina Nusantara, Universitas Tarumanegara, Universitas Katolik Parahyangan, hingga Universitas Kristen Petra Surabaya.

Baca Juga: 24 Universitas Negeri dengan Prodi Matematika Murni Terbaik Tahun 2019

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya