Comscore Tracker

Nadiem Sampaikan Konsep Kemerdekaan Belajar dan Dosen Bergerak

Konsep itu untuk menggenjot peningkatan SDM

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim, pada Rabu (4/12), menyampaikan sambutan pada pelantikan rektor Universitas Indonesia (UI) 2019-2024, di Depok, Jawa Barat.

Nadiem mengatakan, cara menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul lulusan universitas adalah dengan konsep kebebasan belajar dan dosen bergerak.

Baca Juga: Trending, Pidato Mendikbud Nadiem untuk Guru Bikin Warganet Tersentuh 

1. Nadiem menjelaskan konsep kemerdekaan belajar

Nadiem Sampaikan Konsep Kemerdekaan Belajar dan Dosen BergerakMahasiswa KKN Unhas. IDN Times/Istimewa

Upaya mencetak SDM unggul di universitas, menurut Nadiem, dilakukan dengan cara Kemerdekaan Belajar dan Dosen Bergerak, yakni kemerdekaan pada pihak kampus dalam membuat strategi mandiri dan menghilangkan hambatan pengajar di birokrasi.

"Kemerdekaan belajar dalam artian memberi kebebasan dan otonomi kepada lembaga pendidikan, dan merdeka dari birokratisasi, dosen dibebaskan dari birokrasi yang berbelit, serta mahasiswa diberikan kebebasan memilih bidang yang mereka sukai," kata dia.

2. Dosen bergerak menurut Nadiem, di mana para pengajar di kampus menciptakan suasana belajar yang aktif

Nadiem Sampaikan Konsep Kemerdekaan Belajar dan Dosen BergerakWagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman lepas mahasiswa KKN Unhas. IDN Times/Istimewa

Sementara konsep Dosen Bergerak kondisi di mana dosen tidak merasa terancam atau direndahkan ketika kapabilitas mahasiswa melampaui dosen. Dalam konsepnya, dosen juga dituntut aktif dalam membuat suasana menjadi kelas aktif.

"(Dosen) senantiasa mencari ilmu baru secara otomatis dan akan melibatkan orang lain yang tepat untuk meningkatkan pembelajaran mahasiswa, melibatkan proses belajar yang aktif di dalam kelas seperti diskusi, debat, tanya jawab, dan juga melibatkan mahasiswa di dalam proyek. Selalu sematkan pertanyaan sebelum memulai mengajar, 'apakah tiap jam mahasiswa relevan untuk masa depannya?'” kata Nadiem.

3. Lembaga negara dan perguruan tinggi memiliki tujuan yang sama soal SDM unggul

Nadiem Sampaikan Konsep Kemerdekaan Belajar dan Dosen BergerakMenteri Pendirikan dan Kenudayaan Nadiem Anwar Makariem ditemui usai menjadi pembina upacara peringatan Hari Guru Nasional, di Kemendikbud, Jakarta Selatan, Senin (25/11). (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Selain menjabarkan konsepnya, Nadiem juga mengapresiasi pencapaian peringkat UI dalam QS University Ranking serta capaian UI yang dinobatkan sebagai perguruan tinggi terbaik ke-80 tingkat dunia, yang memberikan dampak luas secara sosial dan ekonomi bangsa, dari lembaga Pemeringkatan Times Higher Education (THE) dalam daftar World University Impact Rankings 2019.

“Prioritas perguruan tinggi sama halnya dengan prioritas kementerian, lembaga lainnya di Indonesia yaitu SDM unggul. Sebagai perguruan tinggi, maka UI dapat mengambil peran untuk mencetak para lulusan calon pemimpin masa depan. Saat ini kita hidup di tengah ketidakpastian, di mana gelar tidak menjamin kompetensi, kelulusan tidak menjamin kesiapan berkarya, akreditasi tidak menjamin mutu, masuk kelas tidak manjamin belajar,” kata dia.

Baca Juga: Nadiem Makarim Pastikan Tahun Depan Masih Ada Ujian Nasional

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya