16 Kasus Baru Positif COVID-19 di Palu Berstatus OTG

Dua di antaranya merupakan pejabat setempat

Palu, IDN Times – Kasus positif virus corona di Kota Palu, Sulawesi Tengah, kembali melonjak. Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) COVID-19 Sulteng mengumumkan terjadi penambahan 16 kasus, setelah beberapa pekan sebelumnya kurva penularan melandai karena tak ada laporan kasus baru di Kota Palu.

Direktur RSUD Anutapura Palu, dr. Herry Mulyadi saat dihubungi IDN Times, Senin (8/6), mengatakan seluruh pasien positif terkonfirmasi melalui hasil uji swab PCR.

“Semuanya itu sudah terbagi, diisolasi di empat rumah sakit rujukan. Seperti di RSUD Anutapura empat (orang) saat ini,” ujar Herry.

1. 16 orang positif baru merupakan pelaku perjalanan

16 Kasus Baru Positif COVID-19 di Palu Berstatus OTGIDN Times/M Faiz Syafar

Herry menjelaskan, hasil evaluasi tim Satgas COVID-19 Kota Palu dan Sulteng, 16 orang tersebut tertular virus corona usai melakukan perjalanan dari Jakarta dan Manado. “Tapi kami tidak mengetahui sudah berapa lama dan kapan mereka ke sana,” ucap Herry.

Ke-16 kasus baru diketahui setelah seluruhnya melakukan uji swab saat hendak bepergian dengan pesawat terbang. Uji swab dilakukan sebagai salah satu syarat pengajuan surat keterangan sehat yang diberlakukan otoritas Bandara Mutiara SIS Al-Jufri Palu dan pihak maskapai penerbangan.

“Kebetulan hasil swab test-nya keluar bersamaan pada hari yang sama (Sabtu) kemarin. Dan kebetulan juga jadwal berangkatnya sama, hari Minggu,” Herry menerangkan.

2. Dari 16 kasus baru, 2 di antaranya merupakan pejabat pemerintahan

16 Kasus Baru Positif COVID-19 di Palu Berstatus OTGIDN Times/M Faiz Syafar

Dari 16 kasus terkonfirmasi positif COVID-19 itu, terang Herry, terdapat dua orang di antaranya merupakan pejabat pemerintahan yang bertugas di Kota Palu. Herry menyebut keduanya ialah anggota Bawaslu Kota Palu dan eks Danrem 132/Tadulako.

“Saat ini keluarga dari Korem dirawat di RS Wirabuana Palu, sedangkan anggota Bawaslu Kota Palu itu dirawat di RSUD Undata Palu,” imbuh Herry.

Baca Juga: Komisioner Bawaslu Positif COVID-19, Kini Diisolasi di RS Undata Palu

3. Semuanya berstatus OTG

16 Kasus Baru Positif COVID-19 di Palu Berstatus OTGIDN Times/M Faiz Syafar

Herry melanjutkan, lima orang staf ditambah satu keponakan dari salah seorang anggota Bawaslu Kota Palu itu, termasuk di antara keenam belas orang positif tertular corona.

“Semuanya kooperatif Alhamdulillah, pas hari Minggu kemarin, 16 orang itu langsung menuju ke rumah sakit rujukan untuk dirawat,” jelasnya.

Para pasien tersebut, jelas Herry, berstatus orang tanpa gejala (OTG) dengan hasil swab positif COVID-19.

Baca Juga: Mantap! Kasus Positif COVID-19 di Palu Sulteng Sisa Satu Orang

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya