Comscore Tracker

Mutasi Virus Corona B117 dari Inggris Sudah Masuk ke Indonesia

Wamenkes baru menerima kabar ini tadi malam

Jakarta, IDN Times - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menyatakan varian baru virus corona asal Inggris, yakni mutasi B177, sudah ditemukan di Indonesia. Temuan dua kasus mutasi B177 bertepatan dengan satu tahun pandemik COVID-19 di Indonesia.

"Kalau satu tahun yang lalu kita menemukan kasus 01 dan 02 COVID-19, tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa tempat satu tahun hari ini kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia," ujar Dante pada acara 1 Tahun Pandemi COVID-19, Inovasi Indonesia Untuk Indonesia Pulih Pasca Pandemi yang disiarkan secara daring, Selasa (2/3/2021).

1. Wamenkes baru mendapat informais ini tadi malam

Mutasi Virus Corona B117 dari Inggris Sudah Masuk ke IndonesiaMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kanan) berbincang dengan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono jelang rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (8/2/2021) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Dante mengatakan, informasi soal temuan kasus mutasi B117 di Indonesia baru dia teirma pada Senin malam. Dua kasus mutasi B117 ditemukan di Indonesia berdasarkan hasil penelitian pada 462 orang.

"Artinya apa, artinya kita akan menghadapi pandemik ini dengan tingkat kesulitan yang semakin berat, dari 462 yang kita cek di seluruh nusantara dalam beberapa bulan ini, kita menemukan dua kasus tadi malam," kata dia.

Baca Juga: Setahun Pandemik, Ini Deretan Strategi Pemerintah Tangani COVID-19

2. Dorong percepatan riset dan studi epidemiologis

Mutasi Virus Corona B117 dari Inggris Sudah Masuk ke IndonesiaWamenkes Dante Saksono Harbuwono (Website/pbperkeni.or.id)

Menurut Wamenkes, refleksi satu tahun COVID-19 ini akan menjadi tantangan yang besar ke depannya bagi Indonesia untuk menangani COVID-19 salah satunya mempercepat riset-riset yang berkaitan dengan penanganan COVID-19 hingga studi epidemiologis secara analitik karena proses mutasi ini sudah ada di tengah masyarakat.

"Kita tidak pernah bisa tahu, kapan proses ini akan berjalan, ini adalah bagian dari satu proses yang terjadi di dalam proses sejarah umat manusia," kata Dante.

3. B177 berpotensi 70 persen lebih besar tularkan virus

Mutasi Virus Corona B117 dari Inggris Sudah Masuk ke IndonesiaPetugas memantau suhu tubuh penumpang menggunakan alat pemindai suhu tubuh yang dipasang di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Senin (2/3/2020) (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/ama)

Diberitakan sebelumnya, Menteri Kesehatan Prancis Olivier Véran mengungkap, varian corona asal Inggris (B117) menyumbang 25 persen dari kasus baru. Dia mewanti-wanti ancaman jenis virus ini yang diyakini memiliki daya penularan lebih cepat. 
 
"Para ilmuwan takut akan epidemi baru jika varian ini menjadi dominan," kata Véran, dikutip dari France 24, Jumat (12/2/2021).

Melansir dari ANTARA, Varian ini memiliki potensi menular lebih dari 70 persen dari varian sebelumnya. Sementara, varian lain, D614G, yang ditemukan di China, juga 10 kali lebih menular, tetapi belum tentu mematikan dibandingkan varian sebelumnya.

Baca Juga: Menkes: Harga Vaksin Gotong Royong Belum Ditentukan Pemerintah

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya