Comscore Tracker

Wamenag Ajak Masyarakat Berani Tegur Penceramah yang Mengadu Domba

Wamenag minta penceramah agar lebih bijak saat berdakwah

Jakarta, IDN Times - Masyarakat diminta untuk berani menegur penceramah yang menyampaikan atau menyebar ujaran kebencian dengan menggunakan kedok dakwah. Seruan itu disampaikan Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI, Zainut Tauhid Sa'adi.

"Masyarakat harus berani menegur dan mengingatkan setiap penceramah yang menebar kebencian, fitnah, dan adu domba," kata Zainut di Jakarta seperti dikutip dari Antara, Sabtu (7/12).

Baca Juga: Isi Ceramah Lengkap Jafar Shodiq yang Samakan Ma'ruf Amin dengan Babi

1. Teguran bertujuan untuk menyetop potensi perpecahan

Wamenag Ajak Masyarakat Berani Tegur Penceramah yang Mengadu DombaUstaz Jafar Shodiq/YouTube

Selama ini, kata Zainut, masyarakat terkesan cenderung bersifat permisif pada penceramah yang doyan menyebar ujaran kebencian lewat dakwah. Padahal tindakan tersebut jelas menimbulkan polemik dan bisa memecah belah persatuan Indonesia.

Wamenag juga mengatakan, apabila masyarakat melakukan pembiaran pada penceramah seperti itu, sama halnya masyarakat membiarkan perpecahan antar anak bangsa.

2. Wamenga minta agar penceramah lebih bijak saat berdakwah

Wamenag Ajak Masyarakat Berani Tegur Penceramah yang Mengadu DombaHari guru Wamenag Zainut Tauhid gowes kililing Jogja dengan guru madrasah di Yogyakarta, Sabtu (9/11). IDN Times/Istimewa

Lebih jauh, politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu juga menyampaikan, jika ada penceramah yang menyampaikan ujaran kebencian pada orang atau kelompok tertentu, dapat terjerat oleh hukum.

Karena itu, masyarakat terutama penceramah diminta agar lebih bijaksana dalam berdakwah.

"Yang saya baca beliau (Wakil Presiden) sudah memaafkan terhadap orang-orang yang menista," kata dia.

3. Polisi menangkap penceramah Jafar Shodiq yang hina Wapres

Wamenag Ajak Masyarakat Berani Tegur Penceramah yang Mengadu DombaKeropenmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Sebelumnya, penyidik Bareskrim Polri telah menangkap penceramah Jafar Shodiq Alattas di kediamannya di kawasan Depok, Jawa Barat.

"(Informasi) dari Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, bahwa telah diamankan seorang laki-laki inisial JS di rumahnya di Depok, lalu dibawa ke Bareskrim," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono di Mabes Polri.

4. Jafar ditahan di Rutan Bareskrim Polri

Wamenag Ajak Masyarakat Berani Tegur Penceramah yang Mengadu DombaUstaz Jafar Shodiq/YouTube

Video ceramah Jafar Shodiq mendadak viral di situs berbagi Youtube, yang diunggah dari akun habib ja'far shodiq bin sholeh alattas, pada 30 November 2019.

Dalam video tersebut, Jafar menghina Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin. Kini, Jafar telah menjadi tersangka dan ditahan di Rutan Bareskrim Polri.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Isi Ceramah Lengkap Jafar Shodiq yang Samakan Ma'ruf Amin dengan Babi

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You