Comscore Tracker

Polda Jatim Ajukan Pencekalan Paspor Veronica Koman

Polisi lakukan pelacakan jejak digital

Jakarta, IDN Times - Nama Veronica Koman menjadi pusat perhatian setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan provokasi mahasiswa Papua di Surabaya beberapa waktu lalu. Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) itu diduga menyebarkan berita bohong melalui akun media sosial Twitter. 

Selain berkecimpung sebagai aktivis, Veronica juga dikenal sebagai pengacara publik bagi isu Papua serta pencari suaka dan pengungsian internasional. Imigrasi sendiri diminta untuk mencabut paspor milik Veronica Koman.

1. Sudah buat surat pencekalan paspor

Polda Jatim Ajukan Pencekalan Paspor Veronica KomanTwitter.com/@veronicakoman

Direktorat Jenderal Imigrasi diminta oleh Polda Jawa Timur untuk mencekal dan mencabut paspor Veronica Koman. Kabarnya, Veronica saat ini berada di luar negeri.

Kapolda Jawa Timur Irjen Polisi Luki Hermawan menyatakan telah membuat surat terkait hal tersebut.

"Kami sudah membuat surat untuk bantuan pencekalan dan pencabutan paspor tersangka atas nama Veronica Koman," ujar Irjen Polisi Luki Hermawan melalui Antara, Sabtu (7/9).

2. Veronica berada di luar negeri

Polda Jatim Ajukan Pencekalan Paspor Veronica KomanTwitter.com/papua_satu

Surat pemanggilan telah dilayangkan kepada tersangka ke dua alamat yang berada di Indonesia, yaitu di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan.

Divisi hubungan internasional (Divhubinter) Mabes Polri telah bekerja sama dengan Polda Jawa Timur guna mencari tahu keberadaan kuasa hukum Komite Nasional Papua Barat (KNPB) tersebut. Veronic diduga berada di suatu negara tetangga Indonesia.

Baca Juga: Veronica Koman Ditetapkan Tersangka Dugaan Provokasi Mahasiswa Papua

3. Polisi melacak jejak digital Veronica

Polda Jatim Ajukan Pencekalan Paspor Veronica KomanPexels/Pixabay

Saat ini, Veronica diduga tinggal bersama suaminya di negara tetangga, di mana suaminya merupakan warga negara asing yang juga penggiat LSM.

Polisi Jawa Timur berhasil melacak dua nomor rekening Veronica yang ada di Indonesia mau pun yang ada di luar negeri.

"Kami sudah bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dan Imigrasi terkait dengan rekening tersebut, karena yang bersangkutan mendapat beasiswa dari negara kita dan sekolah mengambil S2 bidang hukum," ujar Luki Hermawan.

4. Pasal yang menjerat Veronica

Polda Jatim Ajukan Pencekalan Paspor Veronica KomanIDN Times/Sukma Shakti

Polda Jawa Timur juga menjalin kerja sama dengan tim cyber Bareskrim Mabes Polri serta berkoordinasi dengan Badan Intelijen Negara (BIN), untuk memulangkan Veronica Koman segera.

Polisi menjerat Veronica dengan pasal berlapis UU ITE KUHP pasal 160 KUHP, nomor 1 tahun 1946 serta UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang penghapusan suku, etnis, dan ras.

Baca Juga: Polisi Sebut Veronica Koman Berada di Luar Negeri

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You