Comscore Tracker

Jaksa Pinangki Pakai Rp419 Juta Uang Suap untuk Perawatan Kecantikan

Infus vitamin, suntik vitamin, hingga suntik botoks

Jakarta, IDN Times - Jaksa Pinangki mengikuti sidang perdana yang digelar Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (23/9/2020), terkait dugaan kasus suap atau gratifikasi dari Joko Tjandra kepadanya.

Dalam sidang yang beragendakan pembacaan dakwaan, jaksa membacakan biaya pembayaran dokter kecantikan Pinangki yang dilakukan di Amerika Serikat. Pinangki tercatat merogoh kocek hingga ratusan juta rupiah untuk biaya perawatan kecantikannya, yakni hingga Rp 419.430.000.

"Pembayaran dokter kecantikan di Amerika Serikat yang bernama dokter Adam R Kohler sebesar Rp 419,4 juta," kata jaksa saat membacakan dakwaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (23/9/2020).

1. Jaksa Pinangki juga memakai uang untuk bayar dokter homecare

Jaksa Pinangki Pakai Rp419 Juta Uang Suap untuk Perawatan KecantikanPinangki Sirna Malasari, mengikuti sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (23/9/2020) (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Uang tersebut bersumber dari Joko Tjandra untuk pengurusan fatwa MA kepada Pinangki, uang suap dari Joko Tjandra juga digunakan Pinangki untuk membayar dokter homecare di Amerika.

"Terdakwa melakukan pembayaran dokter homecare atas nama dr. Olivia Santoso, di mana terdakwa selama melakukan perawatan dan kecantikan serta rapid test selalu melakukan pembayaran melalui transfer BCA terdakwa An. Pinangki Sirna Malasari," ujar Jaksa.

Baca Juga: Joko Tjandra Janjikan Pinangki US$1 Juta agar Tidak Dieksekusi

2. Total keseluruhan pembayaran dokter homecare sebesar Rp 176.880.000

Jaksa Pinangki Pakai Rp419 Juta Uang Suap untuk Perawatan KecantikanPinangki Sirna Malasari, mengikuti sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (23/9/2020) (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Total keseluruhan pembayaran dokter homecare sebesar Rp 176.880.000. Uang itu bersumber dari hasil penukaran mata uang dolar Amerika Serikat dan kemudian disetorkan tunai melalui rekening BCA Pinangki. Dalam rinciannya, Pinangki melakukan berbagai macam perawatan, mulai dari infus vitamin, suntik vitamin, rapid test, hingga suntik botoks.

Harganya juga bervariatif, mulai dari Rp1.100.000 hingga yang termahal adalah rapid test seharga Rp15 juta.

3. Pinangki didakwa menerima suap dari Joko Tjandra senilai US$500.000

Jaksa Pinangki Pakai Rp419 Juta Uang Suap untuk Perawatan KecantikanPetugas kepolisian membawa buron kasus korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali Joko Tjandra (tengah) yang ditangkap di Malaysia setibanya di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Kamis (30/7/2020). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/pras.

Pinangki sendiri didakwa menerima uang senilai US$500.000 dari terpidana kasus korupsi hak tagih (cessie) Bank Bali Joko Tjandra saat mengurus fatwa di Mahkamah Agung (MA). Hal itu dilakukan agar Joko yang kala itu masih buron tidak dipidana.

Jaksa akhirnya mendakwa Pinangki dengan melanggar Pasal 5 ayat 2 juncto Pasal 5 ayat 1 huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (selanjutnya disebut UU Tipikor) subsider Pasal 11 UU Tipikor.

Tak hanya itu, dia juga didakwa Pasal 3 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang pencucian uang serta didakwa terkait pemufakatan jahat pada Pasal 15 jo Pasal 5 ayat 1 huruf a UU Tipikor subsider Pasal 15 jo Pasal 13 UU Tipikor.

Baca Juga: Jaksa Agung dan Eks Ketua MA Masuk Rencana Pinangki dan Joko Tjandra

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya