Comscore Tracker

Sosok Susi Pudjiastuti di Mata Menteri Lain: Penghangat Suasana

Ada Susi, suasana jadi heboh

Jakarta, IDN Times - Masa bakti Kabinet Kerja jilid 1 berakhir pada Jumat (18/10). Banyak kisah yang akan diingat para menteri yang mengakhiri masa kerja mereka.

Sebelum Kabinet Kerja jilid 2 diisi oleh wajah-wajah baru, para menteri sempat hadir dalam acara silaturahmi yang digelar di Istana Merdeka pada Jumat (18/10). Dalam pertemuan itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kembali menjadi sorotan dan membuat rekan-rekannya sesama menteri tertawa. 

Dia diledek oleh menteri lain yang tak ikut mengenakan batik. Ia malah memilih mengenakan dress berwarna shocking pink

Tak mau kalah, Susi menjelaskan bahwa syal bermotif bunga yang ia kenakan pada Jumat lalu bisa dikatakan memiliki motif serupa dengan batik. 

"Iki lho batik! (Ini lho batik)," ujar Susi dalam video yang ia unggah di akun media sosialnya pada Jumat. 

Sontak para menteri yang lain tertawa melihat respons Susi. Beberapa menteri yang lain sempat bertanya kepada eks CEO Susi Air itu mengapa tak mengenakan baju batik. 

"Batikku wes sesek kabeh (batikku sudah sesak semua)," kata Susi lagi. 

Warganet pun turut tertawa melihat respons Susi. Namun, bagi menteri lainnya yang bekerja di kabinet Indonesia Kerja, kehadiran Susi memang selalu mengundang tawa. 

Baca Juga: Kabinet Kerja Jilid II Sudah Rampung, Ini Bocoran dari Jokowi

1. Susi disebut penghangat suasana hingga menteri yang paling "berisik"

Sosok Susi Pudjiastuti di Mata Menteri Lain: Penghangat Suasanainstagram/humassumut

Kepala Bekraf, Triawan Munaf turut mengunggah video yang sama. Di akun Triawan pun video itu banjir komentar yang sebagian besar menghormati dan salut terhadap keberanian Susi menjadi Menteri Kelautan. 

Namun, Triawan punya penilaian khusus terhadap Susi. Ia menilai Susi adalah sosok individu yang menghangatkan suasana di mana pun ia berada. 

"Ibu Susi Pudjiastuti selalu menghangatkan suasana di Kabinet Kerja. Bekerja serius bukan berarti tidak bisa fun. Penyemangat dan penerobos," demikian tulis Triawan di akun Instagramnya pada Jumat.

Komentar senada sempat disampaikan oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. Ia juga menyebut menteri yang paling dikenal "berisik" adalah Susi. 

Baca Juga: Jika Tak Jadi Menteri Lagi, Susi Pudjiastuti: Saya Bisa Jadi Wartawan

2. Kerap berpenampilan nyentik, Menteri Susi tak pernah canggung dan cuek tiap kali dikatakan berpenampilan nyentrik

Sosok Susi Pudjiastuti di Mata Menteri Lain: Penghangat SuasanaInstagram.com/@susipudjiastuti115

Ketika ia baru terpilih sebagai menteri, penampilan Susi memang terlihat nyentrik. Apalagi ia satu-satunya menteri perempuan yang diketahui memiliki tato di kaki kanan. Ia juga diketahui merupakan perokok berat, tapi uniknya sering mewanti-wanti masyarakat agar berhenti merokok. 

Ia juga mewanti-wanti masyarakat agar mengganti menu makanan mereka dari daging merah ke ikan. Sebab, ikan banyak mengandung protein yang baik untuk tubuh. 

"Yang tidak makan ikan, saya tenggelamkan," demikian kampanye 'makan ikan' yang disampaikan oleh Susi selama beberapa tahun terakhir. 

Dalam video penampilan Susi yang tak mengenakan batik itu, rupanya viral. Tingkah Susi yang berpose bak model justru semakin membuat publik tertawa. 

3. Enam menteri perempuan di kabinet Jokowi berfoto bersama

Sosok Susi Pudjiastuti di Mata Menteri Lain: Penghangat Suasana(Enam Menteri perempuan di kabinet Jokowi) www.twitter.com/@susipudjiastuti

Di bagian akhir video itu terlihat Susi dan lima Menteri perempuan lainnya di Kabinet Jokowi berfoto bersama. Mereka yang terekam kamera, yakni Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, Menteri BUMN, Rini Soemarno, Menteri Kesehatan, Nila Moeloek, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Keenamnya kompak berpose sambil menunjukkan "finger heart" ala penggemar film Korea Selatan. 

Foto itu diunggah ke akun Twitter Susi pada Jumat dan menuai banjir komentar dari warganet. 

"Kabinet kerja: berfoto bergembira bersama," demikian cuit Susi. 

Warganet pun mengucapkan terima kasih atas pengabdian Susi selama lima tahun terakhir. 

Baca Juga: 6 Inspirasi Kebaya Susi Pudjiastuti, Aksen Menarik dengan Selendang

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You