Keren, Damkar Makassar Terbaik se-Indonesia

Damkar juga menyelamatkan binatang peliharaan warga

Makassar, IDN Times - Satuan Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar didaulat sebagai satuan terbaik se-Indonesia. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto memberikan apresiasi atas prestasi tersebut.

"Di usia 100 tahun damkar, Damkar Makassar menyakinkan kita adalah terbaik dan nomor satu di Indonesia. Bukan hanya prestasi dalam lomba tapi juga respon cepat dalam penyelamatan," kata M Ramdhan.

1. Kualitas dan sistem yang dibangun Damkar Makassar sudah baik

Keren, Damkar Makassar Terbaik se-IndonesiaDok Damkar Makassar via Antara

Hal itu dia katakan setelah menghadiri HUT 100 tahun Damkar di Markas Damkar Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (21/3), seperti dikutip dari situs Antara.

Menurutnya, saat ini kualitas dan sistem yang dibangun Damkar Makassar sudah sangat baik. Selain itu satuan Damkar mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat ketika dibutuhkan.

2. Petugas Damkar juga bantu menyelamatkan binatang peliharaan

Keren, Damkar Makassar Terbaik se-IndonesiaIlustrasi kucing di atas pohon (PIxabay)

Tugas satuan ini tidak melulu terkait dengan api dan memadamkannya dengan cepat. Menurut pria yang biasa disapa Danny Pamanto itu, Damkar juga memberikan pelayanan kepada warga yang terganggu akibat  binatang liar, termasuk menyelamatkan binatang peliharaan warga.

Ia mengatakan bangga bahwa personel Damkar Makassar telah menjalankan amanah Menteri Dalam Negeri seperti persoalan kelembagaan sampai pada keterampilan personelnya.

3. Peremajaan dan penambahan armada menjadi target

Keren, Damkar Makassar Terbaik se-IndonesiaIlustrasi mobil pemadam kebakaran (PIxabay)

Danny juga mengungkapkan, sudah sewajarnya Damkar terus diperbaharui baik sarana maupun prasarana serta sumber daya manusianya. Dia menilai, mobil damkar harus mendekati jumlah 100 unit. 

"Jangan pernah puas dengan 55 unit mobil damkar. Kita mesti tambah lagi sekaligus peremajaan. Sebab, aturannya satu unit damkar menangani 10 ribu warga. Maka tentu unit Damkar mesti ditambah paling tidak mendekati 100 unit, begitupun personelnya, karena penduduk di Makassar mencapai satu juta lebih," ungkap dia.

 

Baca Juga: Hari Hutan Sedunia: Menilik Kondisi Terkini Hutan di Sulawesi Selatan

4. Satuan Damkar Makassar akan lebih profesional

Keren, Damkar Makassar Terbaik se-IndonesiaDok Damkar Makassar via Antara

Kepala Dinas Damkar Makassar, Andi Muh Yasir menambahkan, ke depan Damkar Makassar akan lebih profesional. Sebab, ada dua definisi yang mensyaratkan itu, yakni konsep dan operasional.

"Definisi konsepnya, bahwa damkar itu harus didukung oleh pasukan yang mempunyai keterampilan yang mumpuni. Dan definisi operasionalnya, kemampuan skill personel harus didukung sarana dan prasarana," tuturnya.

Pihaknya juga menyambut baik adanya penambahan unit damkar, meskipun jumlah sekarang cukup memadai ,namun bila dilihat dari perbandingan jumlah penduduk memang seharusnya ditambah, termasuk juga personelnya.

Yasin menambahkan, prestasi Damkar Makassar merupakan hasil kerja keras dan semangat serta kesolidan tim saat perlombaan ketangkasan di Riau pada puncak acara HUT Damkar ke -100 tahun.

Baca Juga: 1 Abad Damkar, 100 Tahun Mengabdi untuk Negeri

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya