Laporan Harta Kekayaan Kapolda Sulut Setyo Budiyanto Rp6,7 Miliar

Irjen Setyo menggantikan Irjen Pol Mulyanto

Makassar, IDN Times - Irjen Pol Setyo Budiyanto saat ini menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) menggantikan Irjen Pol Mulyanto.

Mutasi perwira Polri itu tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Nomor ST/222.4/X/Kep/2022 tertanggal 14 Oktober 2022.

Irjen Pol Setyo Budiyanto, sebagai penyelenggara negara, tercatat telah melaporkan harta kekayaan miliknya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Laporan LHKPN Setyo Budianto teranyar yaitu pada periode 2021, dengan total kekayaan Rp6,7 miliar lebih.

Berikut rincian harta kekayaan Irjen Pol Setyo Budianto, Kapolda Sulut.

1. Tanah dan bangunan

Laporan Harta Kekayaan Kapolda Sulut Setyo Budiyanto Rp6,7 MiliarSetyo Budiyanto saat masih menjabat Direktur Penyidikan KPK tahun 2020 (dok. Humas KPK)

Rincian harta kekayaan Setyo Budiyanto tercatat dalam LHKPN yang dapat diakses secara daring di laman elhkpn.kpk.go.id. Berikut rincian harta milik Irjen Pol Setyo Budiyanto dalam bentuk tanah dan bangunan dengan total Rp6 miliar:

1. Tanah dan bangunan seluas 310 m2/243 m2 di Kota
Tangerang Selatan, yang diperoleh dengan hasil sendiri senilai Rp4.700.000.000

2. Tanah dan bangunan seluas 135 m2/156 m2 di Kota Makassar yang diperoleh dengan hasil sendiri senilai Rp1.300.000.000.

2. Daftar kendaraan milik Setyo

Laporan Harta Kekayaan Kapolda Sulut Setyo Budiyanto Rp6,7 MiliarHonda CBR 125 (autoevolution.com)

Dalam LHKPN yang dilaporkan ke KPK, Setyo Budianto tercatat memiliki enam kendaraan berbagai jenis. Mulai dari mobil hingga sepeda gunung. Berikut rinciannya:

1. Mobil Honda CR-V Jeep Tahun 2014 senilai Rp210 juta.

2. Motor Honda CBR senilai Rp17 juta

3. Sepeda MTB senilai Rp5 juta

4. Motor Vespa senilai Rp15.550.000

5. Sepeda RB senilai Rp15 juta

6. Litepro Seli Helium Rp3 juta

Selain itu, Setyo juga tercatat memiliki harta begerak lainnya dengan nilai mencapai Rp286 juta. Lalu, kas dan setara kas sejumlah Rp160 juta.

3. Gaya hidup mewah petinggi Polri

Laporan Harta Kekayaan Kapolda Sulut Setyo Budiyanto Rp6,7 MiliarPresiden Joko “Jokowi” Widodo memberi arahan dalam Rakornas BMKG 2022. (dok. YouTube Info BMKG).

Gaya hidup mewah petinggi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) jadi sorotan Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Jokowi mengingatkan, agar para polisi tidak berpenampilan serba mewah, supaya tak terjadi kecemburuan sosial di tengah masyarakat.

Jokowi mengimbau kepada para pejabat tinggi Polri untuk memiliki kepekaan mengenai kondisi ekonomi yang terjadi saat ini. Terlebih, ekonomi global saat ini sedang dilanda krisis pasca-pandemi COVID-19.

"Ini yang semua kapolda, kapolres, pejabat utama semua harus tahu bahwa keadaan ini harus mengerti sehingga memiliki sense of crisis yang sama. Hati-hati dengan ini, hati-hati!" kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (14/10/2022).

"Oleh sebab itu, saya ingatkan masalah gaya hidup jangan sampai di situasi yang sulit ada letupan sosial karena ada kecemburuan sosial ekonomi, sehingga saya ingatkan yang namanya kapolres, kapolda, pejabat utama, pejabat tinggi, ngerem total masalah gaya hidup," jelas Jokowi.

Baca Juga: Kapolda Sulsel Nana Sudjana Punya Harta Rp4,8 M, Terbanyak Tanah

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya