Hari Pertama Sekolah, Siswa di Wamena Diberi Kesempatan Bermain

Belum ada proses belajar mengajar di kelas

Makassar, IDN Times - Pasca-kerusuhan yang terjadi di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, kegiatan siswa di sejumlah sekolah mulai terlihat aktif kembali pada Senin (7/10). Pada hari pertama, pihak sekolah belum melakukan proses belajar mengajar di kelas.

"Hari ini belum mulai proses belajar mengajar, kami melakukan pendataan, dan anak-anak bermain untuk menghilangkan takut dan trauma," ucap Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Wamena Yemina Kopeuw seperti dikutip dari Antara, Senin (7/10).

1. Pemulihan trauma pasca-kerusuhan

Hari Pertama Sekolah, Siswa di Wamena Diberi Kesempatan Bermain(Ilustrasi trauma healing) Dok.IDN Times/Istimewa

Pada hari pertama aktivitas di SMP Negeri 1 Wamena, tercatat hadir sebanyak 190 murid dan 27 guru dari 1.097 murid serta 43 guru yang dimiliki sekolah itu.

Seluruh siswa yang hadir diberi waktu untuk bermain di halaman sekolah. Hal itu dilakukan guna mengurangi kecemasan dan ketakutan bagi mereka yang terdampak peristiwa kerusuhan.

2. Murid rindu bersekolah kembali

Hari Pertama Sekolah, Siswa di Wamena Diberi Kesempatan BermainIlustrasi (Pixabay)

Beberapa sekolah lain juga telah mulai aktif pada Senin hari ini. SD Tresia Unggul serta SMA Negeri 1 Wamena, pada hari pertama sekolah pulang lebih cepat karena tidak ada kegiatan belajar mengajar.

Heni Molama, siswi SMA Negeri 1 Wamena kepada Antara mengatakan meski sedikit was-was, dia tetap masuk sekolah karena rindu ingin belajar dan bertemu dengan teman-teman sekolahnya.

Hal senada disampaikan Muhammad Lutfhi, siswa kelas 12 SMA Negeri 1 Wamena. "Khawatir sih khawatir tapi kalau kita tidak sekolah tidak bisa melanjutkan pelajaran lagi," kata dia.

Baca Juga: [FOTO] Seribu Ekspresi Para Pengungsi Wamena Setiba di Makassar

3. Pemerintah setempat meminta sekolah aktif kembali

Hari Pertama Sekolah, Siswa di Wamena Diberi Kesempatan Bermain(Ilustrasi aktivitas di sekolah) IDN Times/Feny Maulia Agustin

Pemerintah setempat meminta kepada seluruh sekolah di daerah itu agar mulai aktif kembali pada Senin, hari ini. Kegiatan belajar mengajar sempat diliburkan akibat kerusuhan yang melanda Wamena beberapa pekan silam.

Kerusuhan yang dipicu demonstrasi di Wamena pada 23 September lalu, mengakibatkan lebih dari 30 orang meninggal dunia serta menyebabkan kerusakan parah sejumlah bangunan serta fasilitias publik. Ribuan orang juga mengungsi keluar Wamena akibat kerusuhan tersebut.

Baca Juga: Kumpul di Losari, Warga Makassar Doakan Kedamaian Wamena

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya