Dinilai Vulgar, 3 Konten YouTube Kimi Hime Diblokir

Mimin penasaran yang mana ya isinya

Denpasar, IDN Times - Tiga konten milik YouTuber Kimberly Khoe alias Kimi Hime diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Pemblokiran ini menyusul adanya laporan aduan dari masyarakat terkait konten atau isi yang disajikan dalam channel-nya. Berikut ini penjelasannya:

1. Permintaan pemblokiran juga dikuatkan oleh Ketua Komisi I DPR RI

Dinilai Vulgar, 3 Konten YouTube Kimi Hime DiblokirInstagram.com/kimi.hime

Pemblokiran ini muncul setelah adanya laporan dari masyarakat yang dinilai mengandung konten negatif. Pemblokiran ini juga dikuatkan oleh permintaan resmi dari Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Abdul Kharis Almasyhari, saat Rapat Dengar Pendapat (RDP), Kamis (18/7) lalu.

Bukan akun YouTube Kimi Hime diblokir. Melainkan tiga kontennya diduga melanggar unsur kesusilaan dalam pasal 45 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Setelah mendapatkan laporan langsung dari masyarakat beberapa kali melalui aduan konten, laporan itu dikuatkan oleh permintaan resmi Ketua Komisi I dalam RDP," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Setjen Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu, dilansir dari situs kominfo.go.id, Rabu (24/7).

Baca Juga: 10 Potret Kimi Hime, YouTuber Game yang Menggemaskan

2. Tim Kominfo menemukan konten vulgar setelah melakukan profiling secara mendalam

Dinilai Vulgar, 3 Konten YouTube Kimi Hime Diblokirkominfo.go.id

Usai mendapatkan laporan, Tim AIS Kementerian Kominfo langsung melakukan profiling terhadap pemilik akun YouTube yang memiliki 2,2 juta subscriber ini. Awalnya tim menilai beberapa kontennya belum memenuhi unsur pelanggaran UU ITE. Namun setelah melakukan profiling secara mendalam, tim menemukan sejumlah kontennya vulgar. 

"Kami melihat secara sepintas di awalnya. Kami sudah profiling secara utuh dari seluruh konten itu. Akhirnya kami memutuskan tiga konten YouTube itu kita suspend," ujar Ferdinandus.

3. Tiga konten Youtube Kimi Hime melanggar kesusilaan dan adat ketimuran Indonesia

Dinilai Vulgar, 3 Konten YouTube Kimi Hime DiblokirInstagram.com/kimi.hime

Kementerian Kominfo juga telah menghubungi pihak Google sebagai perusahaan yang memiliki YouTube. Atas permintaan Kominfo, Google telah melakukan suspend terhadap tiga konten YouTube Kimi Hime, dan membatasi enam konten sesuai batasan umur.

"Beberapa segmen di dalam konten YouTube Kimi Hime mengandung hal-hal yang melanggar ketentuan kesusilaan, adat ketimuran kita," tegasnya.

Baca Juga: Penjelasan 3 Konten YouTube Kimi Hime yang Diblokir, Akui Clickbait

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya