Comscore Tracker

UAS Batal Ceramah, Dahnil Nilai UGM Kehilangan Nilai Keberagaman 

Dahnil menganggap pimpinan UGM anti-perbedaan

Jakarta, IDN Times - Pembatalan ceramah Ustaz Abdul Somad di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta memunculkan beragam pandangan. Salah satunya dari mantan Ketua Pemuda Muhamadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak, yang menyayangkan sikap pihak pimpinan UGM.

“Saya sesalkan sikap UGM tsb. Kampus telah kehilangan identitasnya sbg "University" dimana, Kampus adalah rumahnya diversity (perbedaan, Keberagaman) pandangan lahir,” kata Dahnil lewat akun Twitternya, Rabu (9/10).

1. Menurut Dahnil pimpinan UGM merupakan rezim politik anti-perbedaan

UAS Batal Ceramah, Dahnil Nilai UGM Kehilangan Nilai Keberagaman IDN Times/Irfan Fathurohman

Peneliti Senior Institute Kajian Strategis UKRI itu menyayangkan sikap pimpinan UGM bertindak represif melarang Intelektual seperti Abdul Somad menyampaikan gagasannya di UGM.

“Pimpinan UGM telah berubah bak rezim politik yg anti perbedaan,” ujar Dahnil.

2. Dahnil juga menyayangkan insan cendikia UGM yang hanya terdiam

UAS Batal Ceramah, Dahnil Nilai UGM Kehilangan Nilai Keberagaman IDN Times/Tunggul Kumoro

Juru Bicara Prabowo Subianto itu mengaku malu melihat laku anti perbedaan pemikiran yang ditunjukkan oleh pimpinan UGM. Dahnil juga sesalkan insan cendekia di UGM diam terhadap pelarangan terhadap Ustadz Abdul Somad.

“Terus terang sebagai salah satu orang yang hidup di kampus, tumbuh berkembang sebagai dosen dan peneliti, saya malu melihat laku anti pemikiran yang ditunjukkan oleh Pimpinan UGM,” ujar Dahnil.

Baca Juga: Klarifikasi Ustaz Abdul Somad Soal Ceramah Salib yang Jadi Viral

3. Ditolak ceramah di UGM, warganet akhirnya pamer rencana UAS berkunjung ke Inggris

UAS Batal Ceramah, Dahnil Nilai UGM Kehilangan Nilai Keberagaman IDN Times/Irfan Fathurohman

Cuitan Dahnil ditanggapi banyak netizen dengan beragam komentar. Salah satunya pemilik akun @readfar. Ia mengomentari cuitan Dahnil dengan pamer rencana UAS ceramah di tiga kota besar di Inggris.

“Oktober ini, UAS mendapat undangan Human Aid Initiative (HAI) untuk berceramah di negeri yang terkenal dengan kekuatan ekonomi dan politiknya di dunia. UAS dijadwalkan mengisi di 3 kota terbesar Inggris sekaligus, yaitu London, Manchester, dan Brimingham,” kata dia.

4. Ceramah UAS di UGM seharunya berlangsung Sabtu besok

UAS Batal Ceramah, Dahnil Nilai UGM Kehilangan Nilai Keberagaman IDN Times/Irfan Fathurohman

Diberitakan sebelumnya, UGM membatalkan kuliah umum Abdul Somad, yang sedianya digelar pada Sabtu (12/10) besok. Keputusan tersebut diambil oleh pimpinan kampus.

Berdasarkan informasi yang dihimpun IDN Times, selain Ustaz Abdul Somad, kuliah umum itu rencananya akan diisi juga oleh Prof Heddy Shri Ahimsa Putra.

Baca Juga: Dahnil Sebut Prabowo & BPN Punya Relawan di Medsos, Tak Perlu Buzzer

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You