Survei YouGov: Menteri Susi dan Najwa Shihab Ada di Daftar Teratas!

BJ Habibie juga mengalahkan popularitas Cristiano Ronaldo

Jakarta, IDN Times - Presiden ke-3 RI BJ Habibie, Najwa Shihab, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti masuk urutan teratas, tokoh yang paling dikagumi di Indonesia pada 2019.

Daftar tokoh laki-laki dan perempuan Indonesia yang paling dikagumi ini disusun lembaga survei YouGov, dan merupakan bagian dari survei untuk mencari tokoh yang paling dikagumi secara global.

1. Jokowi dan Ahok juga masuk orang paling dikagumi di Indonesia

Survei YouGov: Menteri Susi dan Najwa Shihab Ada di Daftar Teratas!ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Di Indonesia, untuk tokoh laki-laki, 18,6 persen responden memilih BJ Habibie, disusul Presiden Joko “Jokowi” Widodo 12,4 persen. Di urutan ketiga juga ada salah satu ustaz kondang Tanah Air, Ustaz Abdul Somad.

Baca Juga: 10 Kutipan Tokoh Dunia yang Diabadikan Google Doodle, Penasaran?

2. Megabintang sepakbola, Cristiano Ronaldo, ada di daftar ini

Survei YouGov: Menteri Susi dan Najwa Shihab Ada di Daftar Teratas!foxsports.com.au

Secara keseluruhan, YouGov merilis 25 nama tokoh laki-laki paling populer di dunia. Tiga tempat terbawah diisi Xi Jinping, Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan PM India Narendra Modi. Selain itu, di sosok pria juga ada Cristiano Ronaldo, megabintang sepakbola dunia asal Portugal, dan megabintang Barcelona, Lionel Messi.

3. Menteri Susi dan Najwa Shihab sukses kalahkan popularitas Gal Gadot!

Survei YouGov: Menteri Susi dan Najwa Shihab Ada di Daftar Teratas!IDN Times/Nindias Khalika

Untuk tokoh perempuan, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mencatat skor 'kekaguman' 16,4 persen responden, sementara Najwa Shihab, salah satu jurnalis terbaik Tanah Air, ada di posisi kedua dengan 13,2 persen

Posisi ketiga ditempati Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dengan11,52 persen, disusul Agnez Mo di tempat keempat dengan 8,24 persen, sebelum di belakangnya ada tokoh global seperti Oprah Winfrey, Taylor Swift, hingga Angelina Jolie.

4. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri juga dikagumi

Survei YouGov: Menteri Susi dan Najwa Shihab Ada di Daftar Teratas!ANTARA FOTO/Aprilio Akbar

Yang juga sosok perempuan populer di Indonesia dan dikagumi adalah Song Hye-kyo, Gal Gadot, Emma Watson, Selena Gomez, Michelle Obama, Aishwarya Rai, dan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

5. Tokoh global, Bill Gates menempati urutan teratas

Survei YouGov: Menteri Susi dan Najwa Shihab Ada di Daftar Teratas!Time Megazine

Untuk global, papan atas tokoh laki-laki yang paling dikagumi ditempati Bill Gates, Barack Obama, Jackie Chan, Xi Jinping, Jack Ma, Vladimir Putin, Dalai Lama, Narendra Modi, Amitabh Bachan, dan Cristiano Ronaldo.

Sedangkan untuk tokoh perempuan global, mereka yang berada di papan atas adalah Angelina Jolie, Michelle Obama, Oprah Winfrey, Ratu Elizabeth II, Hillary Clinton, Emma Watson, Malala Yousafzai, Angela Merkel, Taylor Swift, dan Madonna.

YouGov melakukan jajak pendapat di 35 negara dengan mewawancarai tak kurang dari 37.000 orang. Lembaga ini melakukan survei dua tahap. Pertama, mewawancarai panel dari 35 negara.

Dari sini didapat 20 tokoh laki-laki dan perempuan yang dinominasikan untuk masuk daftar. Berdasarkan daftar inilah responden di 35 negara ditanya 'siapa yang sejatinya Anda kagumi?' dan 'siapa yang paling Anda kagumi?'

Baca Juga: 15 Quotes Tokoh Dunia tentang Buku yang Bikin Kamu Kecanduan Membaca

Topik:

  • Rochmanudin
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya