Soal Keberpihakan Jurnalis, Najwa: Memang Kenapa Kalau Berpihak?

Tidak ada netral, yang ada independen dan objektif

Jakarta, IDN Times - Di atas panggung Indonesia Writers Festival, Founder of Narasi TV Najwa Shihab ditanya soal sikap millennials yang kian ragu pada jurnalis karena dianggap berpihak. Sontak, para hadirin penikmat IWF terdiam mendengar jawaban Najwa yang justru kembali melemparkan pertanyaan.

“Memang kenapa berpihak? Harus dibedakan netral dan independen,” kata Najwa ditemani Editor in Chief of IDN Times Uni Lubis, dan Novelis Indonesia Ayu Utami, di Function Hall Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, Jumat (6/7).

Menyambung jawaban Najwa, Uni Lubis pun lantas menerangkan, tidak ada teori yang menyebutkan jurnalis itu harus netral. Yang ada adalah harus independen dan objektif.

Najwa mengatakan jika independen tidak ada kepentingan apa pun, dia hanya punya kepentingan kepada publik. "Fakta dan verifikasi jadi kunci,” ujar Najwa.

Dia pun mencontohkan melalui konten tayangannya beberapa waktu lalu. Dalam salah satu edisi, program Mata Najwa mengangkat tema ‘PSSI Bisa Apa?’.

“Apakah saya netral?” tanya Najwa.

“Yang saya peduli adalah kepentingan publik, saya gak mau jadi Ketua PSSI, saya gak punya club bola,” ucapnya.

Tak berhenti di situ, Najwa pun menyinggung sikap millennials hari ini. Ia khawatir dengan "bungkamnya" mulut-mulut anak muda untuk mengkritisi berbagai hal yang terjadi, seperti usaha pelemahan KPK lewat revisi UU 30 Tahun 2002.

"Di sinilah, yang muda jangan tutup mata. Apalagi netral. Jadi anak muda jangan netral-netralan, tunjukkan keberpihakan. Anak muda jangan mau diam, kritis dan berbicara,” kataNajwa.

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2019. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2019 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis.

Acara dengan slogan Empowering Indonesia Through Writing ini dilangsungkan pada 6 hingga 7 September 2019 di Universitas Multimedia Nusantara, Serpong, Tangerang.

IWF 2019 sendiri menghadirkan lebih dari 30 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Najwa Shihab, Rosiana Silalahi, Ivan Lanin, Marchella FP, Gina S. Noer, Sheila Timothy, Dewi Lestari, Reza Rahadian, Trinity, Windy Ariestanty, Ayu Utami, Henry Manampiring, Angkie Yudistia dan masih banyak lagi.

Ajang penulisan terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh 5.000-an penggiat dunia literasi dan kreatif. Simak dan ikuti terus perkembangan IWF 2019 di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Millennials Harus Melek Jurnalistik, Najwa Shihab: Sudah Kok!

Topik:

  • Anata Siregar
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya